5 Olahraga untuk Menghilangkan Stres Sekaligus Membakar Kalori

5 Olahraga untuk Menghilangkan Stres Sekaligus Membakar Kalori

youvit_bakar_kalori_dengan_olahraga

Tidak hanya untuk membakar kalori saja lho. Pada kenyataannya, olahraga juga dapat menghilangkan stres. Hal ini dikarenakan hormon-hormon endorfin yang membuatmu bahagia ketika berolahraga. Kerja hormon endorfin berkebalikan dengan kortisol, hormon penyebab stres.

 

Meski semua olahraga baik bagi kesehatan mental dan fisikmu, namun ada 5 olahraga yang paling ampuh tak hanya membakar kalori namun juga mengusir rasa stres!

 

Apa Saja Olahraga untuk Menghilangkan Stres?

 

Berikut 5 olahraga menyenangkan yang membakar kalori sekaligus bebas stres yang harus kamu coba!

 

1. Lari

Image result for olahraga lari

 

Kamu hanya membutuhkan sepasang sepatu lari untuk melakukannya. Meskipun tak membutuhkan teknik khusus dalam melakukannya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan ringan sebelum mulai berlari.

 

Menurut The American Council on Exercise, berlari dalam satu menit dengan berat tubuh sekitar 60 kg bisa membakar 11,4 kalori.

 

2. Berenang

 

Image result for berenang

 

Jika kamu tak ingin berkeringat namun tetap ingin hidup sehat, berenang bisa jadi olahraga yang tepat. Berenang juga jadi alternatif olahraga pereda stres karena saat tubuh meluncur memasuki air, efek rileks akan langsung didapatkan.

 

Berdasarkan data dari American College of Sports Medicine yang telah dikalkulasikan oleh Nutristrategy.com, berenang cepat juga bisa membakar kalori hingga 590 kalori dengan berat tubuh sekitar 65 kg.

 

3. Lompat Tali

Image result for lompat tali

 

Lompat tali atau skipping merupakan olahraga praktis yang bisa kamu lakukan kapan saja. Jika rutin dilakukan, olahraga ini juga dapat menguatkan otot-otot kaki, bokong, bahu, dan lenganmu.

 

Tambahkan musik berirama upbeat untuk menambah semangat sesi lompat talimu sekaligus bakar kalori sebanyak 10 kalori setiap menitnya.

 

4. Bersepeda 

 Image result for bersepeda

 

Olahraga ini menjadi pilihan bagi mayoritas kaum muda sebagai cara membakar kalori secara cepat namun tetap menyenangkan.

 

Saat bersepeda, kamu bisa menikmati perjalanan di alam terbuka dengan santai sehingga tubuh mengeluarkan hormon endorfin  yang memberikan perasaan nyaman. Tubuh pun aktif mengayuh pedal sambil menjaga keseimbangan, menjadikan otot kuat dan lentur.

 

Selain itu menurut fitday.com, bersepeda juga dapat membakar kalori hingga 240 kalori dengan berat tubuh 60-80 kg dalam waktu setengah jam. 

 

5. Yoga

 

Image result for yoga

 

Buat kamu penyuka olahraga yang juga bisa melatih konsentrasi, yoga merupakan pilihan yang tepat. Yoga merupakan olahraga yang mengedepankan keseimbangan tubuh dan jiwa dengan menggabungkan latihan peregangan, pernapasan, dan relaksasi.

 

Penelitian yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengatakan bahwa olahraga yoga terbukti dapat mengurangi rasa cemas, depresi, amarah, dan kelainan saraf yang dialami oleh seseorang.

 

Selain gerakan stretching dan core strengthening, olahraga yoga juga fokus pada latihan pernapasan. Para ahli mengatakan bahwa latihan pernapasan ini memiliki efek yang sangat baik bagi kesehatan mental, karena seseorang akan sulit untuk merasa cemas dan khawatir pada saat mereka mengambil napas dalam-dalam ketika yoga. 

 

Untuk para pemula, coba Hatha yoga yang memiliki gerakan mudah dan baik untuk manajemen stres.