Gak Mau Kulitmu Mengalami Penuaan Dini? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

Gak Mau Kulitmu Mengalami Penuaan Dini? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini

youvit_kebiasaan_buruk_bikin_kulit_penuaan_dini

Tanpa kamu sadari, ternyata ada beberapa kebiasaan yang mungkin kelihatannya sepele, namun bisa berakibat buruk bagi kulitmu. Kebiasaan ini jika terus-menerus dilakukan, bisa berakibat buruk terhadap kulitmu dan kamu terancam mengalami penuaan dini.

 

Nggak mau kan, kulitmu cepat menua, melebihi usiamu yang sebenarnya?

 

Yuk, cari tahu apa saja kebiasaan buruk yang bakal bikin kulitmu mengalami penuaan dini berikut ini!

 

1. Terlalu banyak terpapar sinar matahari

 

Keracunan Sinar Matahari | HonestDocs

 

Sinar matahari pagi memang baik bagi kulit, namun jika sudah melewati pukul 9 atau 10 pagi sebaiknya kamu berhati-hati. Pasalnya sinar matahari ini tak hanya dapat membakar kulit dan membuat kulit keriput, tapi juga membuat kulit berisiko kena kanker.

 

Risiko penuaan dini makin tinggi jika kamu terlalu lama berada langsung di bawah sinar matahari, tanpa menggunakan pelindung, seperti sunblock atau penutup tubuh.

 

2. Kebiasaan merokok

 

16 Bahaya Rokok bagi Wanita Paling Mencengangkan - KlubWanita.com

 

Tidak hanya bahaya bagi kesehatan jantung dan paru-paru, merokok juga ternyata dapat merusak penampilanmu, lho! Merokok dapat berakibat aktifnya enzim yang dapat memecah elastisitas kulit.

Parahnya lagi, meski kamu bukan perokok berat, kamu tetap bisa mendapatkan efek buruknya berupa kerutan halus serta kulit yang pucat, karena disebabkan aktivitas merokok tersebut.

 

3. Terlalu sering berada di ruangan AC

 

Ini 3 Efek yang Bisa Muncul, Kalau Terlalu Lama Berada di Ruangan ...

 

Ruangan dengan pendingin atau AC dapat membuat kulit kering, sehingga akan menyebabkan kulitmu mengalami penuaan dini, serta rentan terkena kerutan sebelum waktunya.

 

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan AC secukupnya dan jika ternyata kamu perlu berada di ruangan dengan AC selama berjam-jam, jangan lupa untuk mengembalikan kelembapan kulitmu dengan minum air yang cukup.

 

4. Jarang mengonsumsi buah dan sayuran

 

7 dampak kurang makan buah dan sayur

 

Agar saat masa penuaan kulit tetap dalam keadaan sehat tanpa keriput berlebihan, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran. Buah-buahan dan sayuran ini dapat memperlambat proses penuaan dini yang terjadi pada kulitmu karena radikal bebas.

 

5. Menggunakan produk kosmetik yang tidak sesuai

 

5 Dampak Berbahaya Kosmetik Palsu dan Oplosan Bagi Kesehatan ...

 

Produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu atau mengandung bahan-bahan kimia yang berlebihan dapat menimbulkan keriput dan bahkan berbahaya bagi kulit.

 

Masalah kulit banyak terjadi pada krim pemutih kulit, yang jika digunakan dalam jangka waktu lama, menyebabkan kulit keriput, timbul bintik hitam, hingga penyakit kanker untuk efek jangka panjangnya.

 

Oleh karena itu, sebaiknya kamu lebih teliti dalam memilih produk kosmetik yang aman bagi kesehatan kulit.