Article Detail

5 Alasan Pentingnya Pakai Sunscreen Setiap Hari

Kamu pastinya sering dengar anjuran untuk memakai sunscreen setiap hari, kan? Sebenarnya kenapa sih kita diwajibkan untuk rajin memakai pelindung terhadap sinar matahari bahkan meski cuaca sedang mendung atau berada di dalam ruangan sekalipun? 

 

Ternyata sunscreen dibutuhkan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Meski keduanya sama-sama buruk bagi kulit, sinar UVA menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah karena bisa menembus bagian terdalam kulitmu. Radiasi sinar UVA ini dapat menembus awan dan kaca, baik itu pada siang, malam, bahkan ketika cuaca sedang mendung. Sinar UVA pun dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam.

 

Sementara sinar UVB (Ultraviolet-Burning) merupakan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA. Sinar UVB tidak menembus kaca dan awan, tapi radiasinya jauh lebih kuat daripada UVB. Terkena sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn).

 

Berikut 5 alasan pentingnya pakai sunscreen setiap hari!

 

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

 

sunscreen untuk kulit sensitif

 

Kulit yang terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah. Untuk jangka pendeknya, efek buruk yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi memerah, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih. Sementara untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan proses penuaan dini yang mengarah pada kerutan, flek, bahkan yang lebih parah adalah kanker kulit.

 

Nah, untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan

 

2. Mencegah Kulit Terbakar

  Image result for mencegah kulit terbakar sinar matahari

 

Salah satu manfaat sunscreen lainnya adalah mencegah kulit terbakar. Bila terlalu lama melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, lama kelamaan dapat membuat wajah jadi memerah. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi belang atau terbakar jika sinar matahari terlalu panas atau terpapar terlalu lama. Dengan pemakaian sunscreen, kulit wajah menjadi terlindungi.

 

3. Mencegah Munculnya Komedo 

 

 

Komedo tentunya salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Penyebab munculnya komedo ternyata salah satunya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Maka dari itu, penting bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat untuk memakai sunscreen. Saat membeli sunscreen pilihlah produk yang cocok dengan jenis kulit wajah kamu, ya!

 

 

4. Mencegah Penuaan Dini

 

 Image result for mencegah penuaan dini

 

Efek buruk dari paparan sinar matahari dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.  Misalnya, kulit kering, kasar, muncul bintik hitam, garis halus, bahkan kerutan pada wajah. Sunscreen akan membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV. 

 

5. Mencegah Kanker Kulit

 

Image result for mencegah kanker kulit 

Bila terlalu sering atau terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa memberikan dampak buruk bagi kulit yang disebabkan karena radiasi UVB. Radiasi ini memungkinkan kamu terkena sunburn, yang merupakan tanda kerusakan DNA pada sel kulit. Bila DNA mengalami kerusakan berisiko menyebabkan kanker kulit. Nah, salah satu manfaat sunscreen adalah mencegah pengaruh buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, risiko terkena kanker kulit ini bisa diminimalisir.

 

Jangan lupa ya untuk memakai sunscreen, tak hanya setiap hari saja, melainkan setiap 2 jam jam sekali! Mengapa?

 

Faktanya, meski sunscreen ampuh untuk menghalangi sinar matahari menembus kulit, tapi daya perlindungannya akan semakin berkurang dari waktu ke waktu sejak awal digunakan. Hal itu bisa disebabkan karena keringat, gesekan dengan kulit, cuci tangan, dan lain-lain.

 

Jadi, jika ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal, sunscreen perlu diulang pemakaiannya secara berkala setiap 2 jam sekali. Selamat mencoba!