Begini Triknya Supaya Bisa Minum 8 Gelas Air Putih Dalam Sehari

Minum air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulitmu, lho! Tapi bagaimana kalau kita sering lupa, atau malah nggak suka minum air putih?

 

Saat asupan air minum kita kurang, kita akan merasa haus. Rasa haus adalah reaksi dari otak untuk memperingatkan bahwa kita mengalami dehidrasi karena tidak cukup minum, dan ini tidak boleh diabaikan.

 

Kebutuhan Minum Air Putih Setiap Hari Tergantung Pada Berat Badan

 

Meski memiliki segudang manfaat bagi tubuh, air putih hendaknya diminum dengan kadar yang tepat agar dapat digunakan tubuh secara maksimal. Nah, kadar tepat untuk minum air putih ini pun berbeda-beda masing-masing orang, tergantung dari aktivitas, tinggi dan berat tubuh.

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, banyaknya air yang harus dikonsumsi agar tubuh terhidrasi lebih baik adalah 1.800 ml (sekitar 1,8 liter) setiap harinya untuk bobot tubuh normal.

 

Setiap kelebihan bobot tubuh sebanyak 11 kg, disarankan untuk menambahkan 220 ml air putih (berlaku kelipatan).

 

6 Waktu penting minum air putih yang bikin badan sehat bugar 

 

Cara Agar Kebutuhan Air Putih Tercukupi Setiap Hari

 

Lalu bagaimana caranya supaya kamu yang tidak suka minum air putih jadi gampang mengonsumsinya? Berikut beberapa tips dari Aisya yang bisa kamu coba!

 

  • Langsung minum 1 gelas air putih saat kamu bangun tidur.
  • Rutin berolahraga karena olahraga bikin kamu cepat haus.
  • Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung air
  • Gunakan tumbler yang terlihat ukuran cairannya, sehingga kamu tahu sudah minum air putih berapa banyak.
  • Minum 1 gelas air putih sebelum makan. Selain menetralkan rasa yang ada pada mulut, air putih bisa membantu kamu mengontrol nafsu makan supaya tidak makan berlebihan, lho!
  • Taruh gelas atau botol minum dekat tempat tidur, agar kamu tidak lupa untuk meminumnya segera setelah bangun tidur nanti.
  • Pasang beberapa alarm pengingat khusus untuk jam minum air putih
  • Minum 1 gelas air putih sebelum tidur

 

Punya pertanyaan lainnya seputar nutrisi dan kesehatan? Yuk, kirimkan pertanyaanmu ke Ask Nutritionists untuk dijawab langsung oleh Nutrition Expert YOUVIT!

Comments (0)

Leave a comment