Manfaat Menjalani Diet Tinggi Serat dan Rekomendasi Menu dari Ahli Gizi

Diet tinggi serat dikenal karena banyak manfaat kesehatannya, termasuk pencernaan yang lebih baik, mengatur berat badan, pengaturan gula darah, dan manajemen kolesterol. Cari tahu lebih lanjut seberapa pentingnya diet tinggi serat, rekomendasi asupan serat harian, dan rekomendasi menu makanan kaya serat dari Ahli Gizi Youvit. 


Pentingnya Diet Tinggi Serat

Diet tinggi serat sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat menambahkan massa ke tinja, mendorong pergerakan usus secara teratur, dan mencegah sembelit. Ini juga membantu pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat dan mendukung kesehatan usus secara keseluruhan.


Asupan Serat Harian yang Direkomendasikan

Asupan serat harian yang direkomendasikan bervariasi berdasarkan usia dan jenis kelamin. Untuk wanita di bawah 50 tahun, asupan serat yang dianjurkan minimal 25 gram per hari. Pria, di sisi lain, membutuhkan sekitar 38 gram serat setiap hari. Penting untuk memenuhi rekomendasi ini untuk mendukung kesehatan dan pencernaan yang optimal.


Rekomendasi Menu untuk Diet Kaya Serat

Menurut Ahli Gizi Youvit Jennifer Vidya, ada beberapa makanan kaya serat dan rekomendasi menu sehari-hari yang bisa kita masukkan ke dalam diet tinggi serat. 


Berikut beberapa contoh bahan makanan dan rekomendasi menu untuk diet kaya serat simpel yang bisa kamu coba!


  1. Wortel

Walaupun terkenal dengan kandungan vitamin A-nya, ternyata wortel juga tinggi kandungan serat yaitu 2,8 gram dalam setiap 100 gram wortel. Jadi selain memasukkan wortel dalam menu capcay yang kaya akan sayuran, wortel juga sangat baik untuk dibuat sup wortel sebagai menu diet kaya serat karena akan membantu kita untuk mengonsumsinya dengan lebih mudah.


  1. Bayam

Bayam memiliki kandungan 2,2 gram serat per 100 gram-nya. Itu artinya, bayam mengandung serat yang tinggi. Pengolahan bayam sebagai menu diet kaya serat yang paling gampang untuk dikonsumi setiap hari bisa dengan ditumis atau direbus menjadi sajian kuah bening. Selain itu, salah satu cara yang paling efektif dan simpel dari pengolahan bayam adalah dengan dibuat sajian ban chan ala Korea. Hidangan ini hanya memerlukan beberapa bahan saja (sesuai resep yang diinginkan) dan dapat disimpan di kulkas setelah pengolahan atau dikonsumsi secara langsung.


  1. Kacang merah

Kacang-kacangan atau biji-bijian ternyata juga termasuk ke dalam makanan tinggi serat yang jarang dibahas. Salah satunya kacang merah, yang bisa masuk ke dalam menu diet tinggi serat. Namun sayangnya masih banyak yang bingung bagaimana pengolahannya selain dijadikan sop. Salah satu cara paling mudah dan anti gagal adalah dimasak bersama nasi, sehingga sumber karbohidrat tidak hanya bervariasi dari warna dan tekstur, akan tetapi tinggi serat juga.


  1. Ubi

Ubi merupakan sumber karbohidrat yang tinggi serat, sekaligus tinggi vitamin dan mineral. Memiliki kandungan 3 gram serat di setiap 100 gram membuat ubi sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam menu diet tinggi seratmu. Dengan banyak variasi dan warna, ubi dapat diolah dengan berbagai macam cara kreatif, mulai dari dikukus tanpa tambahan apapun karena rasanya sudah manis, hingga dibuat makanan pencuci mulut, seperti bola goreng ubi atau kolak ubi. 


  1. Popcorn

Siapa sih yang tidak kenal camilan yang satu ini? Sering ditemukan di bioskop, namun belum banyak yang tahu kalau popcorn yang terbuat dari jagung ini ternyata juga memiliki serat tinggi. Popcorn memiliki kandungan sebesar 14.5 gram serat per 100 gram. Agar bisa menjadi menu diet tinggi serat, pastikan pengolahannya juga harus tepat, di mana penggunaan bumbu, mentega atau minyak, dan gula itu secukupnya saja. 

 

Diet tinggi serat memang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Untuk mencapai manfaat kesehatan tersebut, penting untuk mengonsumsi berbagai makanan kaya serat seperti yang sudah disebutkan di atas, termasuk biji-bijian, polong-polongan, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Dengan memasukkan makanan ini ke dalam makanan harian kita, bukan tak mungkin kita dapat menikmati keuntungan dari diet tinggi serat dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Ingatlah untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan atau ahli diet terdaftar untuk saran yang dipersonalisasi tentang serat makanan dan perannya dalam kebutuhan kesehatan khususmu.


Kini ada minuman serbuk untuk pencernaan sehat dari Youvit. Youvit FibreFix Minuman Serbuk mengandung 40 mg Psyllium Husk, 3000 mg Inulin, Probiotics, Vitamin C & B12, serta 5 Supergreens yang membantu pencernaan sehat jangka panjang, mengatasi rasa kembung dan begah, serta mengelola berat badan sehat. Minuman serbuk ini bebas gula, tanpa pewarna dan perasa buatan, serta aman dikonsumsi setiap hari. 


Sayangi pencernaanmu dengan konsumsi 1 sachet Youvit FibreFix Minuman Serbuk yang enak, nyegerin, dan nyaman di perut!