Kapan Waktu yang Baik untuk Minum Vitamin?

Kapan Waktu yang Baik untuk Minum Vitamin?

youvit_waktu_yang_baik_untuk_minum_vitamin

Sudah tahu kan betapa banyaknya manfaat vitamin bagi tubuh kita? Nah, untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu harus tahu kapan waktu yang baik untuk minum vitamin.

 

Sebagian orang menganggap konsumsi vitamin sama halnya seperti mengonsumsi obat, yaitu dikonsumsi sehabis makan. Padahal, waktu yang baik untuk minum vitamin tergantung jenisnya, lho! Ada vitamin-vitamin khusus yang harus diminum pagi dan ada juga vitamin yang harus diminum pada malam hari.

 

Perbedaan ini disebabkan bagaimana vitamin diproses oleh tubuh kita, jadi waktu kita mengonsumsinya bisa membuat sebuah perbedaan. Berikut beberapa informasi mengenai waktu yang baik untuk minum vitamin berdasarkan jenisnya, langsung dari Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc. dan Puteri Aisyaffa S. Gz!



Tubuhmu bisa menyerap vitamin yang larut dalam air seperti B dan C--terlepas dari apakah kamu sudah makan atau belum. Suplemen lain ada yang lebih baik diminum bersama makanan dan beberapa lainnya tidak cocok jika dicampur dengan vitamin tertentu. Berikut panduannya.

 

1. Vitamin larut dalam lemak: saat makan

 

Mengenal Vitamin A, D, E, K yang Penting Bagi Tubuh Kita - Semua Halaman -  Bobo

 


Tubuh kita menyerap vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, dan K) saat dimakan dengan makanan berlemak karena mengonsumsi lemak memicu produksi enzim yang membantu membawa nutrisi yang melarutkan keluar dari sistem pencernaan menuju usus tempatnya diproses. Tanpa adanya aktivitas tersebut, serapan vitamin tidak akan efektif.

 

2. Vitamin B: saat sarapan

 

Tahukah Anda Manfaat Vitamin B? Yuk, Cari Ketahui di Sini! > Umum |  club.iyaa.com

 

Vitamin B berfungsi untuk meningkatkan energi, jadi cocok diminum di pagi hari. Jika kamu meminumnya saat malam atau setelah makan malam mungkin bisa membuat tubuh terstimulasi, tapi tidak akan mengganggu.

 

3. Kalsium: bisa di pagi atau malam hari tapi harus diminum terpisah dari zat besi dan zinc

 

√ Kalsium : Pengertian, Manfaat, Sumber, Efek Samping dan Cara Kerja  Terlengkap

 

Kalsium bersaing dengan zinc dan zat besi jadi bisa sia-sia. Itu sebabnya, sebaiknya beri jarak satu hingga dua jam antara setiap suplemen. Tubuh kita juga hanya bisa menyerap 600 mg kalsium setiap hari, jadi jangan sampai minum lebih dari dosis tersebut ya!

 

4. Zat besi dan magnesium: saat makan malam

 

10 Makanan yang Mengandung Zat Besi, Mudah Didapat dan Baik untuk Kesehatan  - Hot Liputan6.com

 

Zat besi dan magnesium bisa membuat perut terganggu, soalnya mereka memiliki efek laxative jadi tidak ideal dikonsumsi siang hari saat bekerja. Kafein juga bisa mengurangi jumlah zat besi yang diserap tubuh, jadi tidak cocok diminum bersama kopi. Nah, itu sebabnya opsi yang terbaik adalah meminumnya setelah makan malam.

 

5. Serat: sebelum tidur

 

Ini Pilihan Sumber Serat Pangan yang Baik Untuk Dikonsumsi - Tribunnews.com  Mobile

 

Suplemen serat bisa mengacaukan penyerapan medikasi dan nutrisi lainnya, jadi konsumsi suplemen ini terpisah dari obat, makanan, dan vitamin lainnya. Waktu terbaik mengonsumsinya adalah dengan air putih sebelum tidur. 

 

 

Bingung dengan daftar di atas? Sebaiknya kamu minum multivitamin! YOUVIT gummy multivitamin melengkapi kebutuhan 10 vitamin dan 2 mineral harianmu. Selain itu, kamu tidak perlu repot mengatur waktu terbaik untuk meminumnya karena bisa langsung diminum di pagi hari setelah kamu sarapan.

 

Selain itu, ada baiknya juga kamu meminumnya secara rutin sebanyak satu gummy setiap hari. Hal ini dikarenakan multivitamin diperlukan oleh tubuh bukan hanya pada saat pemulihan dari sakit, tetapi diperlukan setiap hari agar tubuh tetap berfungsi dengan baik.