Mau Tetap Jaga Imunitas saat Ramadan? Simak Tips Sahur Sehat dari Ahli Gizi, Yuk!

Mau Tetap Jaga Imunitas saat Ramadan? Simak Tips Sahur Sehat dari Ahli Gizi, Yuk!

youvit_tips_sahur_sehat_dari_ahli_gizi

Umat Muslim baru saja memasuki ibadah puasa. Tahun ini terasa berbeda, karena kita harus menjalani bulan Ramadan di tengah pandemi virus corona. Menjalani ibadah puasa di tengah pandemi virus ini tentunya tidak mudah. Terutama ketika kita tetap harus menjaga imunitas tubuh di tengah berpuasa.

 

Namun, jangan khawatir… Puteri Aisyaffa S. Gz, Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin akan membocorkan cara untuk tetap jaga imunitas meski berpuasa. Kuncinya adalah sahur sehat!

 

Berikut tips sahur sehat dari ahli gizi yang bisa kamu ikuti: 

1. Mengurangi glukosa dan perbanyak karbohidrat kompleks

Untuk menghindari rasa lapar yang terlalu cepat, hindari atau kurangi konsumsi glukosa, seperti nasi atau karbohidrat sederhana lainnya. Pilih karbohidrat kompleks yang terdiri dari serat dan pati yang dirangkai dalam rantai panjang dan kompleks. Karbohidrat kompleks, yang memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat memiliki lebih banyak nutrisi dan membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk dicerna.

Berikut contoh karbohidrat kompleks yang bisa kamu konsumsi: whole grain, kacang-kacangan, biji-bijian, yogurt rendah lemak, pasta gandum, susu skim, buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung serat tinggi.

 

2. Konsumsi protein yang tepat dan cukup

Asupan protein, baik itu protein nabati maupun hewani mampu menjaga rasa kenyang dan menurunkan risiko adanya penurunan massa otot.

 

3. Mengurangi garam

Garam, termasuk kecap dan segala macam saus yang mengandung garam, dapat membuat tubuh kita dehidrasi. Jadi sebaiknya dihindari kalau kamu tidak ingin merasa haus meski masih pukul 9 pagi ya!

4. Tetap terhidrasi

Caranya adalah dengan memilih air putih atau air mineral yang tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya.

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga membantu menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal. Hal ini akan membantu puasamu tetap berjalan lancar.

Sebaiknya hindari minuman selain air putih atau air mineral, seperti soft drink, yang tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badanmu, minuman berenergi yang mengandung gula dan kafein, atau jus buah kemasan, yang mengandung gula sintetis.