Ikan Bukan Sumber Omega-3 Utama? Temukan Makanan yang Mengandung Omega-3 Lainnya!

Ikan Bukan Sumber Omega-3 Utama? Temukan Makanan yang Mengandung Omega-3 Lainnya!

youvit_ikan_sumber_omega-3

Kamu pastinya sudah sering mendengar tentang manfaat Omega-3 polyunsaturated fatty acids atau yang lebih dikenal dengan asam lemak Omega-3. Omega-3 ini tergolong lemak sehat karena menjaga keseimbangan kolesterol pada tubuh, menurunkan kolesterol 'jahat' dan sebaliknya menambah kolesterol 'baik'. Selain itu, Omega-3 juga dipercaya dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, meredakan peradangan sendi, menjaga kesehatan jantung, bahkan baik bagi ibu hamil karena menjaga kesehatan janin.

 

Omega-3 termasuk ke dalam lemak esensial karena merupakan sesuatu yang tidak bisa kita sintesiskan di dalam tubuh, sehingga hanya bisa kita peroleh dari makanan. Umumnya, sumber Omega-3 yang populer bisa kita dapatkan dari ikan salmon. Namun bagaimana jika kamu tidak begitu suka mengonsumsi ikan salmon atau jenis ikan lainnya? Tenang, ikan bukan sumber Omega-3 utama, kok! Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc., kamu juga bisa mendapatkan Omega-3 dari sumber-sumber lainnya berikut ini:

 

1. Sayur-sayuran

 

Benarkah Buah dan Sayuran Mentah dapat Meningkatkan Kesehatan Mental? Ini  Penjelasan Ahli : Okezone Lifestyle

 

Sayur dengan kandungan Omega-3 tidak hanya unggul pada kandungan Omega-3 nya saja namun juga memiliki kandungan serat yang tidak dimiliki oleh sumber Omega-3 jenis lain. Sayuran tinggi Omega-3 ini adalah bayam, brokoli, bunga kol dan kale.

 

2. Minyak nabati

 

Ini cara memilih minyak nabati paling cocok untuk kulit | merdeka.com

 

Minyak dari biji-bijian terbukti memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi, seperti minyak canola, minyak biji rami, minyak kacang kedelai, dan minyak kacang walnut.

 

3. Protein hewani dan minuman terfortifikasi Omega-3

 

15 Makanan Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat Halaman all - Kompas.com

 

Makanan hewani dan minuman yang umum difortifikasi Omega-3 adalah telur, margarin, susu, olahan susu dan susu nabati serta jus.

 

4. Makanan berkarbohidrat yang difortifikasi omega-3

 

5 Makanan Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

 

Selain dari pemilihan bahan baku biji-bijian yang tinggi Omega-3, penggunaan bahan baku tepung juga bisa diberi tambahan fortifikasi Omega-3. Bahan makanan berkarbohidrat yang tinggi Omega-3 adalah roti, sereal, pasta dan tepung.

 

5. Produk kacang-kacangan

 

7 Jenis Kacang yang Sehat untuk Dimakan Halaman all - Kompas.com

 

Kacang kedelai, edamame, tahu, dan bahkan produk fermentasi seperti tempe pun mengandung Omega-3. Kacang walnut, pecan, hazelnut, dan almond pun mengandung Omega- 3.

 

6. Biji-bijian

 

Si Kecil Kaya Manfaat, Ini 5 Jenis Biji-bijian yang Bisa Jadi Cemilan Sehat

 

Sumber Omega-3 lain yang berasal dari biji-bijian antara lain: chia seed dan pumpkin seed. Chia seed merupakan salah satu makanan indeks glisemik rendah, yang dapat membantu dalam pengaturan kadar glukosa darah harian yang efektif.