Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D?

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Vitamin D?

youvit_kekurangan_vitamin_d

Kekurangan vitamin D ternyata berkaitan erat dengan penurunan kekebalan atau sistem imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan vitamin D, berbeda dengan vitamin lainnya, berfungsi layaknya hormon dalam tubuh yang mampu menangkal berbagai penyakit.

 

Sayangnya, gejala kekurangan vitamin D ini masih sangat umum dijumpai di tengah masyarakat. Hampir sekitar satu miliar orang di seluruh dunia kekurangan vitamin D di dalam darah. Namun sebagian besar pasien dengan kekurangan vitamin D tidak menunjukkan gejala. 

 

Lalu bagaimana caranya kita mengetahui kalau kekurangan vitamin D? Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Mudah Depresi

 

Mengapa Wanita Lebih Mudah Mengalami Depresi? - Alodokter

 

Depresi sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Hal ini diperkirakan karena mineral vitamin D bekerja di bagian otak yang sama dan memengaruhi hormon yang sama seperti serotonin, yang memiliki efek terhadap suasana hati seseorang.

 

2. Rasa Sakit Kronis

 

Manajemen Nyeri, Kapan Perlu Diberikan?

 

Penderita artritis dan fibromyalgia (kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon) bisa jadi diakibatkan karena kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan rasa sakit pada otot dan sendi. Vitamin D yang cukup juga bisa mencegah rasa pegal setelah berolahraga dan mempercepat pemulihan otot.

 

3. Tulang Rapuh

 

7 Tanda Gejala Osteoporosis - Health Liputan6.com

 

Massa tulang berhenti tumbuh di usia sekitar 30 tahun. Kekurangan vitamin D dapat mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis. 

 

4. Mudah Letih

 

Wanita Lebih Mudah Depresi? Apakah Itu Benar? | HonestDocs

 

Kekurangan vitamin D juga ternyata bisa membuatmu seringkali merasa letih, meskipun sudah istirahat dan tidur dengan cukup. 

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, pasien dengan kekurangan vitamin D yang berkepanjangan dan tergolong parah dapat mengalami gejala yang berhubungan dengan hiperparatiroidisme sekunder termasuk nyeri tulang, nyeri sendi, nyeri otot, kelelahan, otot berkedut (fasikulasi), dan juga kelemahan. Fraktur/kerapuhan dapat terjadi akibat kekurangan vitamin D kronis yang menyebabkan osteoporosis. Pada anak-anak, sifat lekas marah, lesu, keterlambatan perkembangan, perubahan tulang, atau patah tulang juga bisa menjadi gejala kekurangan vitamin D.

 

Selain itu, menurut studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, hampir tidak mungkin untuk mencukupi kebutuhan vitamin D hanya melalui makanan. Itu sebabnya, vitamin D juga harus diperoleh melalui sinar matahari dan suplemen.

 

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi YOUVIT gummy multivitamin #1gummysetiaphari dengan rasa mix berry yang enak dan praktis dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuhmu.