Article Detail

Waspada dengan Pola Makan Saat Puasa: Cek Tips Sahur Sehat Ini Yuk!

Pola makan kita saat bulan puasa pastinya mengalami perubahan. Setelah berpuasa seharian, jangan sampai kebablasan saat berbuka puasa ya!

 

Salah pola makan saat puasa bisa berdampak negatif bagi kesehatan, seperti misalnya rentan terkena penyakit asam lambung, diare, tipes, hingga dehidrasi. Apalagi jika kamu memiliki kebiasaan yang membuat manfaat puasa  yang sebenarnya baik bagi tubuh jadi tidak optimal. Kebiasaan yang kurang baik ini misalnya konsumsi makanan berlemak, jarang konsumsi serat, atau jarang minum air putih.

 

Lalu, apa saja pola makan saat puasa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari? Ahli nutrisi YOUVIT, Rachel Olsen, punya solusinya supaya kamu selalu fit selama bulan Ramadan! Menurutnya, semua harus dimulai dari sahur.

 

Berikut tips sahur sehat dari Rachel Olsen:

 

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks


Manfaat Karbohidrat Kompleks Bagi Kesehatan - Alodokter

 

Karbohidrat kompleks memang membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses dalam tubuh, jika dibandingkan karbohidrat sederhana. Namun karbohidrat kompleks akan memberikan energi secara konsisten, tanpa membuat tubuh mendapat asupan kalori berlebihan secara tiba-tiba. Karbohidrat kompleks ini bisa kamu dapatkan dari: ubi, singkong, nasi merah, dan kacang-kacangan.

 

2. Pilih Protein Rendah Lemak


7 Santapan dengan Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan ...

 

Protein memiliki fungsi utama untuk membentuk semua sel dan jaringan tubuh. Selain itu, protein juga merupakan nutrisi yang lama dicerna tubuh sehingga menimbulkan efek kenyang lebih lama. Itu sebabnya, pilih protein yang rendah lemak seperti tahu, tempe, kacang merah, atau kacang arab.

 

3. Usahakan Selalu Menyertakan Mineral 


28 Makanan yang Mengandung Mineral | Hedi Sasrawan

 

Hal ini disebabkan karena mineral merupakan bagian penting dalam nutrisi manusia karena dapat membantu berbagai fungsi tubuh. Mineral yang penting bagi tubuh ini bisa didapatkan dari: pisang, kurma, sawi, dan tomat.

 

4. Hindari Lemak Trans


18 Makanan Yang Mengandung Lemak Trans (Jahat) | HonestDocs

 

Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dan juga menurunkan kadar kolestrol baik. Itu sebabnya, usahakan hindari gorengan, martabak, dan kue-kue kering yang memiliki banyak lemak trans tersembunyi!

 

5. Konsumsi Multivitamin

YOUVIT - #1 Vitamin for an Active Life

 

Pola makan yang sehat sekalipun masih belum mencukupi kebutuhan tubuh akan beragam nutrisi, lho! Itu sebabnya kamu tetap harus mengonsumsi multivitamin. Selalu kunyah gummy multivitamin YOUVIT setelah sahur untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harianmu. 


 

Mari mengubah pola makan jadi lebih sehat di bulan puasa ini dengan mengonsumsi menu makanan sehat untuk sahur. #DimulaiDariSahur, Rachel Olsen punya menu makanan sehat dan menyegarkan yang bisa kamu coba untuk sahur hari ini: sup ayam bening! Menurutnya, menu ini paling mudah dan sehat untuk diaplikasikan sehari-hari karena kamu hanya tinggal memasukkan berbagai jenis sayuran favoritmu seperti wortel, buncis, dan kol, kentang sebagai karbohidrat, dan daging sebagai protein seperti dada ayam tanpa kulit. Apalagi kandungan vitamin dan mineral dari bahan-bahan makanan yang biasanya hilang dan terbuang karena direbus bisa dihindari karena tertampung dalam kuah sup. Selamat mencoba ya!