Article Detail

3 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari saat hamil memang bisa didapat dari pola makan sehat. Namun apakah kamu yakin sudah bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin saat hamil lewat makanan?

 

Para calon mama yang sedang memasuki masa kehamilan biasanya berisiko lebih cepat kekurangan asupan vitamin serta mineral. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin saat hamil perlu dilengkapi juga dari suplemen .

 

Kebutuhan Vitamin untuk Ibu Hamil 

 

Peran vitamin berpengaruh besar pada berbagai tahap kehidupan seorang wanita. Vitamin tak hanya membantu memperlambat penuaan, mendukung sistem kekebalan tubuh, atau meningkatkan energi, tapi juga mendukung keseimbangan hormon selama hamil.

 

Itu sebabnya, ada 3 vitamin yang bisa didapat dari sumber makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini:

 

1. Asam Folat

Asam folat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi DNA, membentuk sel darah merah, membantu zat besi bekerja dengan baik di tubuh, hingga membantu ketika sel dan jaringan tumbuh dengan cepat pada masa bayi, remaja, dan kehamilan.

 

Itu sebabnya vitamin ini bagus bagi calon mama yang sedang memasuki program kehamilan karena mempunyai peran penting sebagai nutrisi peningkat kesuburan, membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan, serta mencegah cacat janin.


Makanan sumber Asam Folat:

Sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, hati sapi, makanan laut, salmon, telur, dan susu rendah lemak.

 

2. Zinc

Zinc bermanfaat untuk menyuburkan rambut, menjadi pelindung tubuh, menenangkan dan menyehatkan otak. Selain itu ternyata zinc juga sangat berperan sebagai nutrisi ibu hamil.

 

Tak hanya berperan dalam membantu pembentukan DNA pada janin, zinc juga berfungsi memperkuat metabolisme tubuh ibu hamil dan janin agar terbentuk kuat dan terhindar dari berbagai macam penyakit menular.


Makanan sumber Zinc:

Protein hewani dan sayuran, seperti rumput laut atau jamur.

 

3. Vitamin D

Biasanya, vitamin D secara alami didapat melalui paparan sinar matahari. Kandungan vitamin ini sangat sulit didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Bahkan, ibu hamil dan menyusui juga disarankan untuk mengonsumsinya, terutama saat musim hujan di mana matahari jarang sekali muncul.

 

Makanan sumber Vitamin D:

Minyak ikan cod, salmon, kuning telur.