Article Detail

Tips Bikin Sambal Sehat ala Ahli Gizi YOUVIT

Indonesia terkenal akan ragam kuliner lokal yang bikin ketagihan dan tak bisa lepas dari pesona sambalnya. Tahu nggak kalau Indonesia punya 322 macam sambal di seluruh wilayah menurut Prof Mudjiati Garjito, Ketua Tim Peneliti dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM. Dari jumlah tersebut, sebanyak 257 sambal digunakan untuk masakan atau hidangan.

Orang Indonesia pun seakan belum nikmat kalau makan tidak ditemani dengan sambal. Tetapi apakah dari segi kesehatan masakan pedas itu sehat?

Faktanya, menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Rachel Olsen B.Sc, nutrisi cabai baik bagi kesehatan. “Cabai tinggi karotenoid yang merupakan antioksidan untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin C dan B6-nya bagus untuk kekebalan dan metabolisme tubuh,” kata Rachel. Kalorinya pun rendah, hanya sekitar 9 gram per 3 buah cabai. Jadi jangan khawatir akan gendut jika kamu suka mengonsumsi cabai.

Rachel pun menambahkan jika cabai baik untuk dikonsumsi setiap hari. “Namun ada catatannya ya: selama dikonsumsi dalam porsi yang tidak berlebihan,” lanjutnya. Nah, selanjutnya Rachel akan berbagi seputar tips bikin sambal sehat yang bisa kamu konsumsi sehari-hari! 

 

1. Olah sambal dengan cara yang sehat 

Itu artinya, jangan menggoreng atau merebus cabai terlalu lama. Kalau digoreng terlalu lama, bisa menambah kadar kolesterol dan lemak jahatnya. Nah, kalau direbus kemungkinan vitaminnya berkurang juga ada, apalagi tipe yang larut dalam air seperti vitamin C dan B6.

 

2. Pilih bahan alami

Supaya tetap sehat, buat sambal ulek sendiri di rumah dengan bahan cabai rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, garam, dan gula secukupnya.

 

3. Hindari penggunaan minyak

Banyak pilihan sambal yang tidak perlu digoreng dengan minyak, seperti sambal korek, sambal tomat, sambal dabu-dabu, dan lain-lain.

 

 

Walaupun cabai punya nutrisi yang bagus, bukan berarti kandungannya secara otomatis bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh. Menurut Rachel, kita tetap butuh makan lebih banyak ragam sayur-sayuran dan buah-buahan. 

 

Baca juga: Sambal Bisa Menjadikan Makanan Lain Lebih Sehat? Ini Buktinya!

 

Supaya kita bisa yakin kebutuhan ini terpenuhi maksimal, tambahan multivitamin bisa dijadikan pilihan tepat. Kalau mau yang enak dan simpel, bisa konsumsi multivitamin gummy seperti YOUVIT untuk dewasa yang dikombinasikan dengan YOUVIT Omega-3 dengan kandungan Omega-3 dari minyak ikan yang baik bagi kesehatan jantung, otak, dan tekanan darah yang stabil.