Atasi Zoom Fatigue dengan Daftar Makanan Berikut!

Atasi Zoom Fatigue dengan Daftar Makanan Berikut!

youvit_atasi_zoom_fatigue

Akibat pandemi corona, work from home (WFH) dan memanfaatkan teknologi video conferencing seperti aplikasi Zoom kini jadi hal yang wajar di dalam new normal. Screen time atau waktu yang dihabiskan di depan layar karena  penggunaan laptop, smartphone, atau tablet pun kian meningkat.

 

Setelah istilah cabin fever atau perasaan gelisah yang timbul akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah, kini muncul zoom fatigue, yang merupakan sindrom kelelahan karena meeting online atau video conference secara terus-menerus. Meskipun kita tidak beranjak ke mana-mana sepanjang hari dan hanya duduk saja, pada kenyataannya pertemuan virtual dan mengobrol via video dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik, lho! 

 

Beberapa hal teknis bisa kamu lakukan, seperti memberi jeda minimal 15 menit antara meeting yang satu dan yang berikutnya setelah kurang lebih 45 menit, memilah-milah dengan cerdas meeting yang perlu menampilkan video dan yang hanya suara saja untuk mengurangi stres dan bisa sedikit mengistirahatkan mata dan otot-otot yang digunakan ketika meeting via video, hingga memisahkan ruang kerja dengan ruang untuk beristirahat. 

 

Baca juga: Bosan Kerja Dari Rumah? 5 Tips Ini Cocok Banget Buat Kamu!

 

Selain hal-hal tadi, menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD kamu juga bisa mengatasi zoom fatigue dengan bahan-bahan makanan yang tidak hanya dapat membantu mengatasi kelelahan, tetapi juga kondisi stres dan meningkatkan imunitas secara bersamaan. 

 

Berikut kelima bahan makanan yang bisa membantu kamu atasi zoom fatigue:

 

1. Dark Chocolate

 

8 Scientific Health Benefits of Dark Chocolate | Everyday Health

 

Jenis coklat ini mengandung antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, dark chocolate juga dapat membantu mengatasi mood yang buruk akibat lelah bekerja seharian. Konsumsi dalam batas aman tidak akan meningkatkan berat badan berlebihan.

 

2. Jahe

 

Hangatkan Badan dengan Wedang Jahe yang Punya 8 Khasiat Hebat (1)

 

Jahe mengandung antioksidan yang juga bagus bagi tubuh. Selain itu, jahe juga memiliki efek yang dapat menenangkan perut ketika dikonsumsi sehingga tubuh lebih relaks dan tidak stres.

Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman jahe merah yang nikmat sebagai teman meeting di sore hari.

 

3. Teh Hijau

 

Bisa Bantu Diet, Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Hijau? Halaman all -  Kompas.com

 

Keseimbangan kandungan di dalamnya, yaitu theanine, kafein, katekin, dan arginin, membuat teh hijau dapat memaksimalkan fungsi anti-stresnya. Konsumsi teh hijau dianggap membantu mencegah penumpukan stres. Selain itu, teh hijau juga dinilai dapat meningkatkan konsentrasi otak sehingga seorang yang mengkonsumsi sebanyak 3 cangkir per hari dapat menjadi lebih produktif.

 

4. Sayuran Berdaun Hijau

 

Sayuran berdaun hijau adalah sumber penyakit? | merdeka.com

 

Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat, yang menghasilkan dopamin, yang membuat zat kimia otak merangsang rasa senang, sehingga dapat membantu tubuh menjadi tetap tenang.

 

5. Salmon

 

The health benefits of salmon - BBC Good Food

 

Asam lemak omega-3 dalam salmon memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melawan efek negatif dari hormon stres.

 

Beberapa makanan tadi tak hanya bisa membantu tubuh dalam melakukan perbaikan mood ketika bekerja saja, tetapi juga memberikan semangat dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit akibat tubuh yang kelelahan.

 

Jangan lupa juga mengonsumsi YOUVIT Omega-3 Adults yang bisa dikonsumsi bareng dengan YOUVIT Multivitamin Adults agar kesehatan tubuhmu lebih maksimal. Omega-3 berfungsi untuk kesehatan jantung, otak, mata, serta berperan penting dalam memerangi stres psikologis, lho!