Ragam Makanan Sumber Vitamin A

Ragam Makanan Sumber Vitamin A

youvit_sumber_vitamin_a

Jika membahas mengenai sumber vitamin A, biasanya jawaban yang spontan terucap adalah wortel. Memang, jenis sayuran yang banyak digemari karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah ini sudah dikenal luas sebagai sumber vitamin A. Namun, sebenarnya ada berbagai jenis makanan lainnya yang mengandung vitamin A, lho! Tak hanya sayur-sayuran dan buah-buahan saja, melainkan juga daging.

 

Tahu nggak, vitamin yang larut lemak ini diberi nama vitamin A karena ternyata merupakan vitamin yang pertama kali diidentifikasi. Fungsinya? Vitamin ini berperan penting dalam menjaga penglihatan tetap sehat, mendukung pertumbuhan dan fungsi kekebalan tubuh, serta kesehatan reproduksi.

 

Namun karena tubuh manusia tidak mampu menghasilkan vitamin A secara alami, kita perlu mendapatkannya melalui konsumsi makanan harian untuk mendapatkan vitamin ini. Berikut beberapa sumber vitamin A yang dapat kita peroleh dalam makanan sehari-hari:

 

1. Sayur-sayuran

Ubi, labu, wortel, kale, bayam, paprika merah, selada.

 

2. Buah-buahan

Tomat, aprikot, pepaya, melon, persik.

 

3. Produk olahan susu

Susu sapi dan keju.

 

4. Sumber protein hewani

Telur, daging hati ayam, hati kalkun, hati sapi, dan hati domba.

 

5. Seafood

Belut, tuna, hering, makerel, salmon, dan minyak ikan kod.

 

Lalu, berapa banyak sumber vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh kita dalam sehari? Menurut Nutrition Expert YOUVIT Rachel Olsen B.Sc. pengukurannya terbagi ke dalam kelompok usia, kondisi kehamilan, dan ibu menyusui. 

 

Bayi berusia 0-4 tahun membutuhkan 375-400 mikrogram (mcg) vitamin A per harinya, anak-anak usia 5-13 tahun harus mengonsumsi 450-600 mcg, remaja usia 14-18 tahun membutuhkan konsumsi 600-800 mcg, sedangkan untuk orang dewasa, pria memerlukan 900 mcg, dan wanita membutuhkan 700 mcg per harinya. Khusus untuk wanita hamil dan menyusui, konsumsi vitamin A disarankan untuk ditingkatkan menjadi sekitar 750-1300 mcg per harinya, demi menjaga kesehatan ibu dan janinnya.

 

Untuk memastikan agar asupan vitamin A cukup setiap harinya, jangan lupa untuk selalu konsumsi YOUVIT Multivitamin #1gummysetiaphari dengan rasa mix berry yang enak dan praktis dikonsumsi.