Rutinitas Skincare Anti-Aging Wajib yang Melindungi Kolagen pada Kulit

Rutinitas Skincare Anti-Aging Wajib yang Melindungi Kolagen pada Kulit

youvit_rutinitas_skincare_anti_aging

Penuaan kulit merupakan proses kompleks yang melibatkan banyak faktor —genetika, pola makan, lingkungan, tingkat stres, perubahan hormon, dan perawatan skincare yang diaplikasikan ke kulit. Namun, ketika berbicara tentang kesehatan kulit dari dalam, satu hal yang pasti adalah pentingnya kolagen yang tidak dapat disangkal.

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD, kolagen memiliki banyak fungsi untuk tubuh karena kolagen merupakan penyusun jaringan di dalam tubuh. Namun selain itu, kolagen juga memiliki peran penting untuk kulit. Berikut beberapa fungsi kolagen untuk kulit adalah sebagai berikut:

  • Menjaga elastisitas kulit
  • Menjaga kulit agar tetap kencang
  • Mengurangi garis halus pada wajah
  • Mencegah timbulnya kerutan pada wajah
  • Menutrisi kulit dari dalam
  • Menghaluskan tekstur kulit 

 

Itu artinya, kulit harus dinutrisi dengan baik; tak hanya dengan konsumsi suplemen kolagen tapi juga rutin melakukan skincare anti-aging yang melindungi kolagen pada kulit. Tak hanya kulit jadi tampak lebih muda, melainkan juga mengembalikan kekenyalan kulit dan menghilangkan garis-garis halus tanda penuaan.

Berikut beberapa rutinitas skincare anti-aging wajib yang melindungi kolagen pada kulit dan bisa kamu coba di rumah:

 

1. Mulailah dengan rutin mengonsumsi suplemen kolagen

 

Image result for suplemen kolagen

 

Rutinitas skincare untuk meningkatkan kandungan kolagen harus ada dua, yaitu bekerja baik secara internal maupun eksternal.

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen bermanfaat bagi kulit untuk mencegah tanda-tanda penuaan, termasuk tingkat kelembapan yang lebih sehat, membantu menjaga elastisitas kulit dan bahkan menghaluskan kerutan-kerutan wajah. Dengan rutin mengonsumsi suplemen kolagen, pada dasarnya kamu melindungi kulit dari efek photoaging dan stres oksidatif yang merusak kulit.

 

Kini ada YOUVIT x ERHA Collagen Gummy yang merupakan perpaduan suplemen kolagen dan vitamin C dalam format gummy (jelly kunyah) kualitas premium. YOUVIT x ERHA Collagen Gummy mengandung 1000 mg kolagen dan 45 mg vitamin C yang akan menutrisi kulit dari dalam, mengurangi garis-garis halus, dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih muda dengan hanya mengonsumsi dua gummy setiap hari. Dilengkapi rasa stroberi yang enak dan gummy berbentuk mawar yang cantik akan membuat konsumsi suplemen kolagen menjadi pengalaman yang baru, menyenangkan, dan tak terlupakan!

 

 

2. Cuci muka dengan pembersih yang lembut

 

Image result for cuci muka dengan pembersih

 

Gunakan pembersih wajah yang dapat ditoleransi oleh kulit. Saat pembersih wajah membuat kulitmu iritasi, hal tersebut bisa meningkatkan kerusakan jaringan kolagen.

 

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya menghindari pembersih yang banyak busanya. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba pembersih wajah yang bahan dasarnya minyak. Sebaliknya, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat bisa mencari pembersih wajah yang bersifat mengeksfoliasi kulit. Intinya: perawatan kulit adalah tentang menjaga keseimbangan kulitmu. Pilih pembersih yang diformulasikan untuk jenis atau masalah kulit spesifikmu, dan jangan mencuci muka berlebihan. 

 

3. Gunakan serum dengan bahan aktif

 

Image result for gunakan serum

 

Serum merupakan salah satu rutinitas skincare yang paling efektif. Tidak hanya langsung tepat sasaran setelah diaplikasikan langsung pada kulit wajah, serum juga secara khusus diformulasikan untuk menangani berbagai masalah kulit yang spesifik. 

 

Berikut tiga bahan aktif yang penggunaannya pada serum sudah dibuktikan dalam penelitian dapat meningkatkan produksi kolagen alamimu.

  • Retinol: gunakan di malam hari

Retinol merupakan bahan aktif yang aman untuk kulit sensitif. Ini telah terbukti secara ilmiah berkali-kali untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit, sehingga mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit. Retinol dapat mempercepat siklus pergantian alami kulit. Meski ampuh mendorong penggantian sel kulit baru, retinol membuat kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari, jadi gunakan bahan aktif ini hanya di malam hari dan pastikan untuk mengaplikasikan perawatan sinar matahari  di siang hari (dengan jumlah yang lebih banyak).

  • Vitamin C: gunakan di pagi atau siang hari

Bahan utama lain untuk meningkatkan kadar kolagen adalah vitamin C. Vitamin C merupakan suplemen penyusun kolagen. Fungsinya tak hanya merangsang produksi kolagen internal, tetapi juga membantu menstabilkan tingkat kolagen yang ada di kulit —pada dasarnya bekerja untuk memaksimalkan kolagen yang telah diproduksi di dalam tubuh dan berperan penting sebagai anti-aging.

Retinol dan vitamin C tidak boleh digunakan secara bersamaan; jika tidak, kulitmu akan iritasi.

  • Asam glikolat: alternatif selain retinol dan vitamin C

Sifat penambah kolagennya memang tidak sekuat retinol dan vitamin C. Namun asam glikolat telah terbukti meningkatkan produksi kolagen bila digunakan secara topikal. Cara kerja asam glikolat adalah dengan memicu respons penyembuhan luka di kulit, yang memacu produksi kolagen. Asam glikolat juga bagus untuk mengendalikan jerawat dan minyak. Hal ini menjadikannya pilihan yang lebih cocok bagi mereka yang berjerawat dan kulit yang rentan terhadap minyak, yang juga ingin melakukan perawatan anti-aging pada kulit.

 

4. “Kunci” kelembapan kulit dengan pelembab

 

Image result for pakai pelembab

 

Penghalang kulit yang kuat penting untuk menjaga kesehatan kolagen. Ini karena ketika fungsi pelindung kulitmu melemah, ia jadi lebih mudah iritasi. Salah satu bahan terbaik untuk mendukung fungsi pelindung kulit adalah fitoseramida (atau ceramides). Jadi selalu pilih moisturizer atau pelembab yang menggandung bahan aktif tersebut.

 

5. Selalu pakai SPF

 

Image result for pakai spf

 

Meski mungkin kamu sudah bosan karena selalu diingatkan untuk memakai SPF atau tabir surya, tak hanya saat mau bepergian saja, tetapi juga saat akan beraktivitas yang berisiko terpapar sinar matahari!

 

Perlindungan yang tepat pada tabir surya merupakan investasi bagi kesehatan kulitmu, lho! Hal ini dikarenakan sinar UV menimbulkan stres oksidatif pada kulit, yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit dan menyebabkan photoaging. Menggunakan tabir surya yang berkualitas —setiap hari, bahkan saat sedang mendung atau matahari tidak bersinar terik— merupakan satu-satunya cara terbaik untuk melindungi kulitmu dari efek jangka panjang yang merusak dari matahari.