Lakukan Ini untuk Persiapan Sebelum Vaksin COVID-19 Anak

Lakukan Ini untuk Persiapan Sebelum Vaksin COVID-19 Anak

youvit_vaksin_anak

Vaksin COVID-19 untuk anak penting untuk melindungi mereka dari infeksi virus COVID-19 dan meminimalisasi risiko gejala yang serius. Pemberian vaksin juga bermanfaat mencegah penyebaran virus dari anak-anak ke orang lain. 

 

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah merekomendasikan semua anak yang berusia di atas 12 tahun untuk dapat segera divaksin COVID-19. Lalu bagaimana agar kondisi anak optimal saat mereka akan divaksin? Berikut beberapa tips persiapan sebelum vaksin COVID-19 untuk anak yang penting diketahui Anda, Moms. 

 

Melansir dari CDC, ada beberapa tips persiapan sebelum vaksin COVID-19 untuk anak. 

 

1/ Beri dukungan dan motivasi untuk anak sebelum, saat, dan setelah vaksinasi. 

2/ Bicara dengan anak mengenai fungsi vaksin COVID-19 yang akan didapatkan setelah melakukan vaksinasi.  

3/ Konsultasi kepada dokter jika anak Anda memiliki alergi atau kondisi tertentu sebelum vaksinasi.

4/ Setelah anak divaksin, pastikan untuk melakukan observasi kondisi anak dengan menyuruhnya duduk atau berbaring selama minimal 15 menit.

5/ Setelah vaksinasi, amati kondisi anak, apakah ia mengalami reaksi alergi parah yang membutuhkan perawatan medis.

 

Selain itu, Nutritionist Lead YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc. juga punya beberapa tips nutrisi yang penting untuk Moms berikan pada anak sebagai persiapan sebelum vaksin.

 

Memberikan nutrisi yang penting untuk anak sebagai persiapan sebelum vaksin sangat penting untuk mendukung imunitas tubuh yang kuat pada anak sehingga efektivitas vaksin dapat bekerja dengan baik. 

 

Meski belum ada studi resmi mengenai apa yang harus dimakan anak sebagai persiapan sebelum vaksin, makanan yang mengandung anti-inflammatory (anti-inflamasi) dan tinggi vitamin C diyakini dapat mempertahankan imunitas anak. Berikut beberapa tips nutrisi penting untuk anak sebagai persiapan sebelum vaksin:

 

  • Berikan makanan yang mengandung anti-inflamasi atau tinggi antioksidan, seperti buah beri-berian, ikan yang tinggi omega-3, brokoli, anggur, kunyit, tomat, dll.

 

  • Buah-buahan dan sayuran yang tinggi vitamin C, seperti jambu biji, paprika, jeruk.

 

  • Minum air putih yang cukup

 


Tahu nggak Moms, penelitian membuktikan bahwa sebanyak 53% anak merasa stres saat akan melakukan imunisasi. Itu sebabnya, Moms juga perlu membantu dengan mengelola rasa gugup atau stres sehingga anak-anak tidak menganggap vaksin itu sesuatu yang menakutkan.