Panduan Do's & Dont's di Rumah untuk Jaga Imunitas Keluarga 

Panduan Do's & Dont's di Rumah untuk Jaga Imunitas Keluarga 

youvit_panduan_jaga_imunitas_keluarga

Momen puasa tahun ini memang beda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya ya, Ma? Hal ini disebabkan karena umat Muslim harus berpuasa di tengah pandemi corona yang sampai sekarang masih belum ada tanda-tanda untuk segera berakhir. Karena hingga saat ini pun belum ditemukan obatnya, maka satu-satunya kunci adalah dengan menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terjangkit virus corona tersebut.

 

Mama bisa jaga imunitas keluarga dengan mengikuti daftar do’s & dont’s dari Rachel Olsen B.Sc, Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin berikut ini:

 

Daftar Yang Harus Dilakukan:

 

1. Selalu siapkan stok buah-buahan

Jangan lupa juga untuk meletakkan buah-buahan tersebut di tempat yang bisa mudah dilihat oleh semua anggota keluarga. Hal ini dilakukan agar seluruh anggota keluarga rutin mengonsumsi buah-buahan yang sudah terbukti ampuh menjaga imunitas tubuh.

 

Baca juga: Makan Buah Bikin Happy? Ini Buktinya!

 

2. Jangan malas gerak!

Di rumah saja bukan berarti tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali. Mama bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk membantu membersihkan rumah, jalan kaki di taman dekat rumah setiap pagi, atau melakukan olahraga di rumah.

 

Baca juga: Gerakan Mudah Olahraga di Rumah untuk Kamu yang Malas Gerak 

 

3. Buat rutinitas yang produktif

Berdiam di rumah saja bagi sebagian besar orang memang bisa menjadi sangat membosankan. Itu sebabnya, buat rutinitas yang produktif dengan keluarga yuk, Ma. Bisa dengan mengajak si Kecil ikut memasak bersama untuk buka puasa atau menemaninya saat sedang bersekolah dari rumah atau .

 

Baca juga: Praktekkan Cara Seru Cuci Tangan Dan Pakai Masker Ini Bareng Buah Hati Di Rumah

 

4. Masak menu sehat baru yang berbeda setiap harinya

Dengan banyaknya waktu bersama keluarga di rumah, Mama bisa menggunakannya untuk bereksperimen menyiapkan variasi menu sahur dan buka puasa sehat yang jadi favorit keluarga.

 

Baca juga: Coba Resep Camilan Sehat Anti Virus Untuk Buka Puasa Ini Yuk, Ma! 

 

5. Menerapkan self-care

Rawat dan cintai diri Mama setiap hari dengan melakukan rutinitas terbaik demi kesehatan mental, misalnya dengan melakukan yoga, membaca buku, bermeditasi, berbicara dengan sahabat, atau menulis di jurnal. Ingat lho, Mama juga butuh me-time meskipun hanya sebentar.

 

Baca juga: DIY 4 Masker Kecantikan Yang Mengandung Berbagai Vitamin 

 

Daftar yang Harus Dihindari:

 

1. Membaca terlalu banyak berita hoax

Di era informasi digital yang serba cepat, akurasi dan kebenaran jadi nomor kesekian. Itu sebabnya, sebaiknya hindari berita-berita yang berasal dari sumber-sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini akan menjauhkan diri kita dari stres yang tidak perlu.

 

2. “Melarikan diri” ke makanan

Sebaiknya tanyakan dulu ke diri sendiri ketika akan memesan jajanan untuk yang kesekian kalinya: apakah hasrat untuk makan berasal dari kebosanan dan kegelisahan atau karena benar-benar lapar?

 

3. Terputus dari keluarga dan sahabat

Jarak fisik memang kini berjauhan dengan keluarga dan sahabat, namun jangan sampai tali silaturahmi terputus. Manfaatkan teknologi canggih yang bisa tetap mendekatkan kita dengan mereka tanpa harus bertemu.

 

Baca juga: 4 Cara Jaga Kesehatan Mental Selama Masa Karantina Covid-19 

 

4. Makan tidak sehat

Mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak dan produk olahan memang praktis, namun tidak sehat dan malah bisa membuat tubuh kita semakin drop terutama di saat berpuasa.

 

Baca juga: Mau Tetap Jaga Imunitas Saat Ramadan? Simak Tips Sahur Sehat Dari Ahli Gizi, Yuk! 

 

5. Konsumsi terlalu banyak vitamin dengan dosis tinggi!

Akibat khawatir berlebihan, kta cenderung jadi panik dan malah menimbun stok vitamin dengan dosis tinggi yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh. Padahal mama dan keluarga cukup mengonsumsi multivitamin yang mencakup seluruh kebutuhan nutrisi seimbang yang dibutuhkan tubuh selama satu hari saja.

 

Baca juga: Survival Kit “Siap Tempur” Lawan Covid-19