Nutrisi Chia Seed dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Nutrisi Chia Seed dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

youvit_nutrisi_chia_seed

Chia seed atau biji chia kini mulai menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Sering lihat menu sarapan atau minuman yang menggunakan biji-bijian ini, kan? 

 

11 Proven Health Benefits of Chia Seeds

 

Meski terlihat kecil, namun ternyata biji-bijian ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan berkat nutrisinya, lho! Apa saja? Berikut kandungan nutrisi chia seed dan lima (5) manfaatnya untuk kesehatan, menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz: 

 

1. Chia seed mengandung asam lemak Omega-3, asam lemak tak jenuh ganda, serat, protein, vitamin, dan mineral

Chia seed ternyata kaya kandungan jenis asam lemak Omega-3, di antaranya asam alfa-linolenat atau ALA, yang berperan sebagai anti-peradangan dan menjaga sirkulasi yang lebih baik bagi jantung.

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 37 gram chia seed setiap hari mengurangi penanda inflamasi hs-CRP sebesar 40 persen. Dalam lemak sehat tersebut juga memberikan efek anti-inflamasi, mendukung kesehatan kulit, serta memiliki peran lebih dalam melindungi jantung.

 

2. Chia seed mengandung protein tinggi

Karena kandungan proteinnya yang tinggi, chia seed sangat baik dikonsumsi oleh kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sedang dalam program diet.

Selain mengandung protein tinggi, chia seed juga memiliki keseimbangan asam amino esensial yang baik, sehingga tubuh dapat memanfaatkan kandungan proteinnya dengan baik.

Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk penurunan berat badan. Asupan protein tinggi menurunkan nafsu makan dan telah terbukti mengurangi keinginan untuk makanan hingga 60 persen dan keinginan untuk ngemil di malam hari sebesar 50 persen, lho!

 

3. Kandungan serat pada chia seed juga sangat tinggi

Kandungan serat ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa tipe kanker. Selain itu, serat yang tinggi juga membantu melancarkan sistem pencernaan dan dapat membuat kenyang yang lebih lama sehingga menurunkan keinginan untuk selalu ngemil atau mengunyah makanan.

Dalam 1 ons chia seed, terdapat 12 gram karbohidrat dan 10 gram serat. Itu merupakan 40 persen dari target minimum nutrisi harian yang penting. Selain mendukung kesehatan pencernaan, seratnya pun menjadi makanan bagi bakteri sehat di usus.

Serat pun melindungi kita dari penyakit jantung dengan mengurangi kolesterol dan trigliserida (lemak darah), meningkatkan kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, serta menghambat pembekuan darah.

 

4. Chia seed mengandung multimineral (kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium)

Kandungan mineral yang terdapat di dalam chia seed lebih tinggi dibandingkan dengan bahan makanan lainnya yang mengandung tinggi mineral tersebut juga.

Satu ons chia seed mengandung hampir 20 persen kalsium berdasarkan kebutuhan harian. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting untuk tulang yang sehat, berfungsinya otot, pembuluh darah, saraf, enzim, dan hormon. Selain itu, kalsium juga memiliki peran dalam pembekuan darah, tekanan darah, dan mempertahankan ritme jantung serta fungsi otak yang normal.

Chia seed juga memiliki sekitar 1/3 mineral magnesium, mangan, dan fosfor dari kebutuhan harian. Magnesium membantu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur, berperan dalam produksi kolagen, dan meningkatkan kesehatan kulit dan tulang. Sementara fosfor membantu membentuk struktur sel dan bekerja dengan kalsium untuk menjaga tulang tetap sehat.

 

5. Chia seed juga mengandung multivitamin (Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin K)

Kandungan lainnya dalam satu ons chia seed adalah vitamin B, potasium, dan zat besi. Meski kandungan vitamin B hanya sedikit, namun sangat berfungsi untuk mendukung produksi energi. Potasium yang dikandungnya berfungsi menjaga fungsi jantung, tekanan darah yang sehat, dan kontraksi otot, serta zat besi berfungsi menjaga kekebalan tubuh, dan menjaga nafsu makan.

Dari kandungan-kandungan zat gizi diatas (terutama karena adanya multivitamin dan multimineral), chia seed diketahui memiliki peran anti-inflammatory (anti peradangan) dan antibacterial (anti bakteri) untuk tubuh. 

 

Wah, kandungan nutrisi chia seed meski kecil ternyata banyak banget dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ya!

 

Yuk, selalu jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi YOUVIT gummy multivitamin #1gummysetiaphari. Rasa mix berry yang enak dan praktis dikonsumsi dapat memaksimalkan zat gizi di dalam tubuhmu!