Mengenal Kolagen, Tren Baru Anti-Aging Dunia Kecantikan

Mengenal Kolagen, Tren Baru Anti-Aging Dunia Kecantikan

youvit_kolagen_tren_baru_anti-aging

Ketika ngomongin kulit yang terasa plumpy dan elastis, rasanya nggak bisa lepas dari pembahasan tentang kolagen. Kolagen kini populer dibicarakan dalam dunia kecantikan, terutama oleh mereka yang memburu produk-produk anti-aging. 

 

Sebenarnya apa itu kolagen dan apakah kulit kita, terutama bagi yang masih berusia 20 tahunan membutuhkannya? Simak penjelasan dari Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD

 

Apa Itu Kolagen?

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Tubuh sangat membutuhkan kolagen karena selain dikenal sebagai “pembuat kulit awet muda”, kolagen juga berperan sebagai lem di dalam tubuh. Karena sifatnya yang kaku dan kuat, kolagen dapat mendukung struktur jaringan tubuh dan rata-rata terdapat pada kulit, tendon, tulang, dan ligamen.

 

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita menghasilkan lebih sedikit kolagen, yang dapat berkontribusi pada penuaan kulit dan timbulnya kerutan atau garis-garis halus pada kulit wajah. Faktor gaya hidup seperti merokok dan terlalu banyak paparan sinar matahari juga dapat merusak produksi kolagen.

 

Sumber Makanan dan Suplemen Kolagen

Kolagen tidak bisa diserap tubuh dalam bentuk keseluruhannya. Itu artinya, protein kolagen harus dipecah menjadi peptida atau asam amino yang lebih kecil sebelum dapat diserap oleh tubuh. 

 

Suplemen kolagen biasanya dilengkapi dengan vitamin C, yang berfungsi untuk membentuk dan menjaga produksi kolagen di dalam tubuh.

 

Selain suplemen, kolagen juga ditemukan dalam makanan, dengan kaldu tulang sebagai sumber kolagen paling kaya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sumber kolagen pada aneka ikan, daging ayam, sayuran berdaun hijau, buah-buahan (citrus, alpukat, buah beri), dan juga pada putih telur.

 

Karena kolagen diproduksi oleh tubuh kita dari asam amino dan tidak dapat diserap secara keseluruhan, sumber protein nabati dan hewani dapat menyediakan bahan baku yang dibutuhkan tubuh sehingga memadai untuk memproduksi kolagen dalam tubuh.

 

Menariknya, kita tidak dapat memutuskan di mana peptida kolagen (dari suplemen atau makanan) berakhir di tubuh kita. Peptida ini dapat digunakan untuk membuat kolagen, tetapi juga dapat digunakan untuk protein lain. Tubuh kita pintar dalam hal ini —mereka memprioritaskan kebutuhan apa pun yang paling mendesak.

 

Jadi, Haruskah Kita Mengonsumsi Suplemen Kolagen?

 

Kita tetap perlu mengatasi kekurangan kolagen yang tidak terpenuhi oleh makanan di dalam tubuh kita setiap hari. 

 

Kini ada YOUVIT x ERHA Collagen Gummy yang merupakan perpaduan suplemen kolagen dan vitamin C dalam format gummy (jelly kunyah) kualitas premium. YOUVIT x ERHA Collagen Gummy mengandung 1000 mg kolagen dan vitamin C yang akan menutrisi kulit dari dalam, mengurangi garis-garis halus, dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih muda dengan hanya mengonsumsi dua gummy setiap hari. Dilengkapi rasa stroberi yang enak dan gummy berbentuk mawar yang cantik akan membuat konsumsi suplemen kolagen menjadi pengalaman yang baru, menyenangkan, dan tak terlupakan!

 

YOUVIT - #1 Vitamin for an Active Life

 

Menurut Aisya, YOUVIT ERHA Collagen juga sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan YOUVIT Beauti+, vitamin kecantikan untuk kulit, rambut, dan kuku yang sudah dijual bebas di pasaran terlebih dulu, untuk memaksimalkan penyerapan kolagen pada tubuh. Ini dikarenakan area kerjanya yang berbeda; YOUVIT Beauti+ bekerja pada epidermis, juga pada rambut dan kuku, sedangkan Collagen pada dermis, lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga memberikan hasil yang berbeda juga pada kulit.