Makanan Tepat untuk Rambut Sehat

Makanan Tepat untuk Rambut Sehat

youvit_konsumsi_makanan_sehat_bagi_rambut

Konon katanya, “Rambut adalah mahkota perempuan”. Ngaku deh, kamu sebagai kaum wanita pastinya sangat peduli terhadap penampilan rambutmu, kan?

 

Di sisi lain, banyak juga kaum pria yang pastinya merasa panik bila tanda-tanda kebotakan muncul. Selama ini, kebanyakan orang terlalu berpatok pada produk-produk kesehatan rambut (seperti shampoo, conditioner, dan lain sebagainya) dalam merawat rambut mereka.

 

Padahal, makanan yang kamu konsumsi juga ternyata sangat mempengaruhi kesehatan rambutmu, lho...Seperti halnya tubuhmu, rambut juga perlu secara rutin diberi asupan nutrisi!

 

Jadi tak perlu repot-repot menggunakan berbagai produk kecantikan untuk menambah ketebalan dan kilau rambut, kamu bisa merawat dan membuatnya lebih sehat dengan mengonsumsi beberapa pilihan makanan yang tepat berikut ini. 

 

1. Almond Butter

 

Image result for almond butter

 

Mengandung nutrisi yang kaya, seperti protein, lemak sehat, dan vitamin E membuat almond butter jadi salah satu pilihan tepat untuk menjaga ketebalan dan kilau rambut. Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin E setiap hari (atau setara dengan kurang lebih 1 sendok makan almond butter) selama 8 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut hingga 42%.  

 

2. Jeruk

 

Image result for jeruk

 

Jeruk ternyata dapat memberikan perubahan signifikan pada rambutmu, karena dua hal berikut ini:

  • Vitamin C yang terkandung di dalamnya membantu tubuhmu lebih mudah menyerap zat besi dari makanan, seperti bayam.
  • Vitamin B12 yang ada pada jeruk juga membantu pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan memperlambat proses pertumbuhan rambut putih. 

 

3. Bayam

 

Image result for bayam 

Dalam kasus tertentu (khususnya wanita), kekurangan mineral atau zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, mengonsumsi bayam yang kaya akan zat besi dan sebum, dapat membantumu menghindari hal tersebut. Selain itu, bayam mengandung asam omega-3, magnesium, potasium, dan kalsium yang akan membantu rambutmu tetap berkilau dan yang paling penting tidak kering! Persis seperti peran conditioner kan? 

 

4. Salmon

 

Image result for salmon 

 

Salmon yang merupakan sumber alami omega-3 ini tak hanya dapat membantu daya tahan tubuhmu agar tetap fit, tapi juga bisa membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kilaunya.

 

5. Oatmeal

 

Image result for oatmeal

 

Oatmeal yang mengandung biji-bijian berserat tinggi ini dapat menstimulasi pertumbuhan rambut, membuatnya jadi tebal dan sehat.

 

Nah, tunggu apalagi? Segera ubah gaya hidupmu dan masukkan kelima pilihan bahan makanan ini ke dalam menu makanmu!