Lebih Untung Makan Sayur & Buah Musiman? Ini Alasannya!

Lebih Untung Makan Sayur & Buah Musiman? Ini Alasannya!

youvit_buah_musiman

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Hal itulah yang membuat Indonesia memiliki ragam jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang berbuah menurut jadwalnya masing-masing. Nah, untuk dapat memaksimalkan konsumsi sayur dan buah harianmu, sebenarnya sangat penting untuk mengetahui jenis dan kapan saja waktu berbuahnya.


Mengonsumsi sayur dan buah musiman alias yang sedang berada di puncak musimnya ternyata juga memiliki banyak keuntungan, lho...

Apa saja? Berikut 5 di antaranya menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc!

 

1. Rasa

Buah-buahan dan sayur-sayuran segar yang dipetik langsung dari kebun memiliki rasa terbaik – renyah, ranum dan kaya warna! 

 

2. Vitamin dan Mineral

Buah dan sayur musiman segar biasanya dipetik saat sudah matang, yang berarti tanaman disinari oleh sinar matahari yang cukup. Semakin matang buah, semakin banyak nutrisi baik yang terkandung di dalamnya. Selain itu, menurut penelitian dari Kementrian Pertanian UK, kandungan nutrisi alami (mineral dan vitamin) dalam buah dan sayur ternyata paling tinggi di saat sedang musim. 

 

Hal ini disebabkan karena buah-buahan dan sayur-sayuran yang sedang musim tidak mengalami waktu transit yang lama untuk berpindah dari pertanian ke tanganmu sebelum dikonsumsi. Jadi, vitamin dan mineral yang ada di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran ini lebih mungkin bertahan sampai kamu siap untuk memakannya.

 

Penelitian di Cleveland Clinic bahkan mengungkapkan kandungan vitamin C yang terdapat di dalam bayam yang sedang musim berjumlah tiga kali dari bayam yang dikonsumsi saat tidak musim.

 

3. Ekonomis

Ketika ada banyak buah dan sayur dipanen pada musimnya, harga akan turun, yang pastinya akan menghemat pengeluaran bulananmu!

 

4. Ramah lingkungan

Buah dan sayur yang dipanen sesuai musimnya, tidak ada campur tangan para ilmuwan (lebih alami dan bebas zat kimiawi). Juga, tidak harus diterbangkan atau dikirim ke seluruh benua atau menyeberangi lautan. Ini berarti lebih aman untuk planet kita tercinta. 

 

5. Membangun komunitas/masyarakat sekitar

Dengan mengonsumsi hasil bumi lokal (bukan impor), maka kamu membantu perekonomian petani lokal dan usaha kecil – menengah di komunitas atau masyarakat dan sekitarnya. Dengan kata lain, memakan apa yang tumbuh sesuai musimnya memberikan sumbangsih besar pada rakyat sesama dan penghasilan negara. Selain itu, kamu juga dapat membantu menyelamatkan lingkungan, lho!

Mari mengonsumsi buah dan sayur yang sedang musim mulai hari ini!