Yuk, Kenali jenis-Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ini!

Yuk, Kenali jenis-Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Ini!

youvit_vitamin_untuk_meningkatkan_daya_tahan_tubuh

Vitamin adalah zat organik dalam bentuk mikronutrisi yang dibutuhkan tubuh bagi proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Namun untuk melakukan itu, kamu perlu asupan beragam vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu agar tubuh mampu melakukan banyak tugas yang berbeda pula. 

 

Beberapa vitamin bahkan berperan dalam berbagai reaksi kimia penting dalam tubuh dan membantu pembentukan energi. Itu sebabnya, kalau kamu gampang lelah artinya kamu kekurangan vitamin.

 

Nah, agar daya tahan tubuh meningkat, kamu perlu mengetahui apa saja daftar vitamin yang paling penting bagi tubuh agar dapat mencukupi kebutuhan diri dan mendapatkan manfaatnya secara optimal. 

 

Ada 2 tipe vitamin, yaitu yang larut air dan yang larut lemak. Vitamin yang larut air adalah vitamin C & B kompleks. Sedangkan vitamin yang larut lemak adalah vitamin A, D, E & K. 

 

Jenis-jenis vitamin dan mineral beserta fungsinya

Berikut macam-macam vitamin dan mineral penting dan apa saja manfaatnya bagi tubuhmu!

 

1. Vitamin A

 

Apa saja manfaat Vitamin A untuk tubuh? - ANTARA News Kalimantan ...

 

Vitamin A adalah jenis vitamin larut dalam lemak yang banyak ditemukan pada daging, hati, produk olahan susu dan telur, buah-buahan, serta sayuran hijau.



Manfaat vitamin A sering dikaitkan dengan kesehatan mata, namun mikronutrisi yang terkandung dalam vitamin A juga berperan penting untuk mendukung sistem imun. 

 

Mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin A dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat dan kanker paru, menjaga kesehatan kulit, dan memelihara pertumbuhan serta kekuatan tulang. Vitamin A juga membantu jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya bekerja dengan baik.

 

2. Vitamin B kompleks

 

Zašto su B kompleks vitamini važni za naše zdravlje? | Vitamin b ...

 

Vitamin B kompleks adalah kelompok vitamin yang terdiri dari delapan jenis vitamin B, yaitu B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6, B7 (biotin), B9 (folat), dan B12. 

 

Setiap mikronutrien dalam vitamin B kompleks membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Manfaat vitamin B kompleks lainnya adalah dapat membantu mengobati atau mencegah masalah kesehatan tertentu, termasuk gangguan kecemasan, depresi, kelelahan, penyakit jantung, nyeri pra-menstruasi, dan masalah kulit seperti jerawat. 

 

Nah, sumber vitamin B kompleks ini bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi berbagai makanan berikut ini: 

 

- Vitamin B1 (thiamine)

Ditemukan dalam: sereal, roti, pasta, sayuran berdaun hijau (seperti bayam, selada, kubis), kedelai, biji-bijian, ikan, telur, susu, gandum, dan kacang-kacangan.

 

- Vitamin B2 (riboflavin)

Ditemukan dalam: ayam, ikan, telur, kacang polong, susu, yogurt, keju, sayuran berdaun hijau, dan sereal.

 

- Vitamin B3 (niacin)

Ditemukan dalam: ayam, salmon, tuna, pasta gandum, dan biji-bijian.

 

- Vitamin B5 (asam pantotenat)

Ditemukan dalam: yogurt, buah alpukat, ketela rambat, jamur, dan brokoli.

 

- Vitamin B6 (pyridoxine)

Ditemukan dalam: kentang, buncis, daging merah, unggas, telur, dan sereal.

 

- Vitamin B7 (biotin)

Ditemukan dalam: hati, telur, salmon, daging babi, dan buah alpukat.

 

- Vitamin B9 (asam folat)

Ditemukan dalam: sayuran berdaun hijau, hati, jus jeruk, dan buah-buahan segar.

 

- Vitamin B12 (cobalamin)

Ditemukan dalam: ikan, daging emrah, unggas, keju, susu, dan telur. 

 

3. Vitamin C

 

Vitamin C supplementation against COVID-19: Is it necessary ...

 

Vitamin yang larut dalam air ini berperan penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, dan kulit. Vitamin C juga melindungi tubuh dari berbagai infeksi karena memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. 

 

Selain itu, vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas sehingga dapat mengurangi risiko sejumlah kanker — termasuk kanker mulut dan tenggorokan, kerongkongan, perut, dan kanker payudara.

 

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin ini dari jeruk, brokoli, jambu biji, dan pepaya.

 

4. Vitamin D3

 

7 Makanan Kaya Vitamin D, Demi Tulang dan Otot yang Sehat Halaman ...

 

Vitamin D3 dibuat oleh tubuh secara alami saat kulit terkena sinar matahari. Namun banyak orang yang tidak mendapatkan vitamin ini dalam jumlah yang cukup. Jika tubuh kekurangan asupan vitamin D, itu artinya penyerapan kalsium dan fosfor untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat tidak dapat terpenuhi.

 

Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk mengobati dan mencegah gangguan tulang, seperti rakitis, osteomalacia, dan osteoporosis. 

 

Itu sebabnya, kamu juga perlu asupan vitamin D lainnya melalui makanan, seperti salmon, makarel, kuning telur, dan susu.

 

5. Vitamin E

 

Peran Vitamin E, Astaxanthin, dan Glutathione dalam Memperkuat ...

 

Vitamin E merupakan kunci kesehatan kulit dan mata. Di dalam tubuh, vitamin E bertindak sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Tubuh juga membutuhkan vitamin E untuk meningkatkan sistem imun sehingga dapat melawan bakteri dan virus. 

 

Kamu bisa mendapatkan cukup asupan vitamin E dengan mengonsumsi berbagai makanan yang berasal dari minyak nabati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.


6. Vitamin K

 

11 Alasan Fungsi Vitamin K Tak Boleh Diabaikan | HonestDocs

 

Pada dasarnya, vitamin K adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Meski masih terbilang asing dan sering kali luput dari perhatian masyarakat Indonesia, vitamin ini banyak manfaatnya, lho! Salah satunya adalah vitamin K berperan penting untuk mencegah perdarahan parah ketika kita mengalami luka.


Oleh karena itu, kita harus mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung sumber vitamin K. Beberapa diantaranya adalah bayam, delima, minyak nabati, kacang-kacangan, hati ayam dan sapi, serta makanan laut, seperti ikan dan udang.



Lalu bagaimana jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup tiap hari dengan berbagai kandungan vitamin di dalamnya?

 

Solusinya adalah kamu harus mengonsumsi multivitamin, YOUVIT gummy multivitamin, dengan dosis yang tepat, alias mengandung jumlah angka kecukupan gizi yang tepat bagi tubuhmu!