Hati-hati, Kenali Ciri-ciri Stres yang Sering Tidak Disadari

Hati-hati, Kenali Ciri-ciri Stres yang Sering Tidak Disadari

youvit_ciri-ciri_stres

Semua orang pasti pernah mengalami stres, yang bahkan tak jarang pula berakhir dengan depresi atau gangguan mental lainnya. Tapi nggak semua orang sadar kalau dirinya sedang dilanda stres, lho! 

 

Stres sebenarnya merupakan bentuk dari ketegangan fisik, emosi, psikis, maupun mental. Bentuk ketegangan ini tentu dapat memengaruhi keseharian kita. Bahkan stres bisa berdampak pada menurunnya produktivitas, hubungan sosial kita dengan keluarga dan orang lain, hingga gangguan-gangguan mental lainnya. Namun menariknya, ada gejala stres yang sering tidak kita sadari, lho. Kita bisa merasa baik-baik saja, karena sebenarnya diri kita melakukan penyangkalan dan berusaha menekannya dengan pikiran-pikiran positif.

 

Nah, sebelum kehidupanmu jadi tambah runyam, ada baiknya mengenali ciri-ciri stres yang sering tidak disadari ini! 

 

1. Susah tidur

 

Mungkinkah Ada Alat Terapi Untuk Pengidap Depresi? Mungkin, Mari ...

 

Stres bikin kamu jadi susah untuk tidur karena (tanpa kamu sadari sepenuhnya) banyaknya pikiran yang masih berseliweran di dalam otak. Selain susah untuk tidur di malam hari, kamu juga mungkin cenderung bangun beberapa jam lebih cepat dari biasanya dan mendapat mimpi buruk.

 

2. Susah fokus

 

5 Ciri-ciri Seseorang yang Sedang Stres Karena Virus Corona ...

 

Biasanya kamu tidak mengalami kesulitan untuk konsentrasi dan menyelesaikan berbagai aktivitas dalam sehari. Namun tiba-tiba kamu mengalami kesulitan untuk fokus dalam mengerjakan hal-hal dan akhirnya tak ada satu pun tugas yang dapat kamu selesaikan.

 

3. Perubahan produktivitas

 

Mengapa Wanita Lebih Mudah Mengalami Depresi? - Alodokter

 

Biasanya rajin olahraga lalu tiba-tiba jadi malas dan lesu? Atau biasanya semangat melakukan hobi tertentu namun kini tak lagi membuatmu bahagia? Demikian pula sebaliknya, kamu bisa jadi serba semangat berlebihan sampai mengabaikan kesehatan sendiri.

 

4. Makan secara berlebihan atau malah kehilangan napsu makan

 

6 Ways to Reduce Stress Eating

 

Stress eating atau tiba-tiba mengalami peningkatan napsu makan secara drastis ini bisa jadi salah satu gejala depresi yang paling umum terjadi. Hilang nafsu makan secara drastis juga jadi gejala yang sebaiknya segera ditangani. Obesitas mendadak atau hilang berat badan mendadak itu pertanda kamu sedang mengalami stres.

 

Kalau kamu mengalami tanda-tanda di atas, segera cari orang terdekat, keluarga, atau bantuan dari tenaga kesehatan mental profesional ya. Mengalami rasa jenuh, sedih, kelelahan itu wajar, kok! Kamu nggak harus menghadapinya seorang diri.

 

Baca juga: 5 Kebiasaan Sehat Ini Akan Mengurangi Kadar Stresmu

 

Selain itu, menurut Nutrition Expert gummy multivitamin YOUVIT Rachel Olsen B.Sc., kesehatan mental juga berkaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang baik setiap harinya. Mengonsumsi cukup nutrisi yang penting untuk kesehatan otak yang baik dapat mencegah peradangan di otak yang akhirnya menyebabkan sel-sel otak kita mati dan berakibat pada kondisi kesehatan mental.

 

Baca juga: Apa Hubungannya Antara Makanan Dengan Kesehatan Mental? Cari Tahu Di Sini!

Untuk mencegahnya, Rachel menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, asam lemak omega-3, probiotik, vitamin dan mineral yang semuanya penting untuk fungsi optimal tubuh kita. Untuk mengimbangi kebutuhan zat gizi tersebut, kita bisa mengonsumsi YOUVIT Omega-3 Adults dan dibarengi dengan YOUVIT Multivitamin Adults

 

YOUVIT Omega-3 for Adults baik untuk kesehatan jantung, otak, dan mata, selain tentunya mencegah peradangan dalam tubuh penyebab stres berlebihan!

 

Yuk, makan #1gummysetiaphari agar selalu sehat fisik dan mental.