3 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Sistem Imun Lemah dan Mudah Sakit

3 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Sistem Imun Lemah dan Mudah Sakit

youvit_sistem_imun_lemah

Sistem imun lemah jadi salah satu hal yang paling ditakuti di masa pandemi ini. Harus hidup berdampingan dengan virus corona membuat kita tak punya pilihan lain selain menjaga sistem imunitas diri. Hal ini dikarenakan belum ditemukannya obat atau vaksin untuk COVID-19, sehingga kita hanya bisa mengandalkan sistem imunitas untuk melindungi tubuh kita dari infeksi virus tersebut. 

 

Sistem imun lemah bisa membuat kita berisiko besar mengalami infeksi atau tertular berbagai penyakit. Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD, sistem imun memang bertugas melindungi kita dari berbagai penyakit, infeksi, dan mempercepat pemulihan setelah sakit. 

 

Sistem imun tubuh yang terdiri dari sel darah putih, antibodi, dan berbagai komponen lain, termasuk kelenjar getah bening ini membentuk sistem kekebalan tubuh.

 

Lalu apa saja tanda-tanda sistem imun lemah?

 

Tanda sistem imun lemah

 

KELOMPOK SATU SQUAD

 

Sistem imun lemah biasanya membuat kita mudah jatuh sakit dan sering merasa lelah. Nah, karena sistem imun yang melemah ini biasanya tidak disertai oleh gejala-gejala awal yang jelas, yuk kenali tanda-tanda sistem imun lemah sejak dini:

 

1. Tingkat stres sangat tinggi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association, stres dalam jangka waktu panjang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

 

Baca juga: 5 Kebiasaan Sehat ini Akan Mengurangi Kadar Stresmu

 

2. Sering pilek atau meriang

Meriang atau pilek memang bisa sembuh dengan sendirinya hanya dalam hitungan hari. Sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan patogen penganggu. Namun, jika pilek dan meriang terjadi secara terus-menerus, bisa jadi hal itu merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang kewalahan mengatasi gangguan yang ada pada tubuh kita.

 

Baca juga: Cobain Cara Mengobati Flu Secara Alami Ini, Yuk!

 

3. Sering mengalami masalah pencernaan

Sering mengalami diare, kembung, atau sembelit juga bisa menjadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang terganggu. Penelitian menunjukan hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan. Selain itu, di dalam pencernaan juga terdapat berbagai bakteri dan mikroorganisme baik yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jika jumlah mikroorganisme atau bakteri tersbut berkurang, kita bisa berisiko besar mengalami infeksi, perdangan kronis, hingga gangguan autoimun.

 

Baca Juga: Cegah Maag, Cari Tahu Penyebab Asam Lambung Naik

 

4. Sering merasa lelah

Sering merasa lelah padahal tidur sudah cukup bisa menjadi pertanda sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh juga turut mempengaruhi tingkat energi.

 

Baca juga: Supaya Tidak Mudah Lelah, Ini Dia Daftar Makanan untuk Kesehatan Mata

 

Lalu bagaimana ya caranya agar sistem imun kita selalu dalam kondisi prima? Aisya menyarankan agar kita menghindari 3 kebiasaan buruk yang sering dilakukan yang bikin sistem imun lemah.

 

Seringkali Diabaikan, Ini 3 Tanda Utama Sistem Imun Tubuh Lemah - Blog  Aksiamal

 

Kebiasaan buruk yang bikin sistem imun lemah dan mudah sakit

 

1. Kurang konsumsi makanan yang bergizi seimbang, khususnya sayur dan buah

Kebiasaan masyarakat adalah mengonsumsi makanan yang cepat saji dan sangat kurang porsi sayur dan buahnya. Makanan sehat cenderung tidak menjadi pilihan utama dikarenakan stigma masyarakat yang menganggap bahwa makanan sehat pasti mahal dan tidak enak rasanya.

 

2. Kurangnya aktivitas fisik

Seringkali keluhan “tidak ada waktu” dan “tidak tahu cara melakukan olahraga yang benar” menjadi alas an utama kebanyakan orang tidak melaksanakan aktivitas fisik. Padahal kenyataannya, aktivitas fisik dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh.

 

3. Kurang istirahat

Untuk orang dewasa diharuskan tidur di malam hari selama 7 – 8 jam setiap harinya. Namun, dikarenakan banyaknya kegiatan yang dilakukan sebelum tidur (seperti menonton, bermain gadget, membaca buku, dsb), membuat otak tetap aktif dan kesulitan tidur. Padahal, dengan bersitirahat yang cukup di malam hari, akan mempermudah tubuh mencerna zat gizi 1 hari kemarin sehingga imunitas lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

 

4. Tidak memerhatikan kebutuhan vitamin

Supaya sistem imunitas tubuh selalu dalam kondisi prima, kebutuhan vitamin harian kamu harus selalu tercukupi. Nah, karena vitamin atau nutrisi penting bagi tubuh tidak selalu kita dapatkan dari makanan sehari-hari, jangan lupa bekali tubuh dengan rutin konsumsi YOUVIT Gummy Multivitamin. Kandungan vitaminnya lengkap banget! Ada 10 vitamin dan 2 mineral dengan rasa mix berry yang enak.

 

Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari biar kamu selalu sehat!