"Isi Piringku" Versi Vegan

"Isi Piringku" Versi Vegan

youvit_isi_piring_vegan

Banyak orang mengira bahwa kita harus mengonsumsi daging hewan untuk mendapatkan protein yang cukup. Tapi faktanya: Kamu tidak harus makan daging untuk mendapatkan protein yang cukup! 

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc., sama seperti semua diet yang dijalankan, kalau dilakukan tidak dengan benar, pada akhirnya dapat membuat kita kekurangan nutrisi penting.

 

Kamu pasti sudah pernah mendengar mengenai “Isi Piringku” kan?

 

Isi Piringku | IVS & VSI

 

“Isi Piringku” merupakan kampanye Kementerian Kesehatan tentang acuan sajian sekali makan yang digaungkan sejak tahun 2017 sebagai Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang sebelumnya sudah dikeluarkan tahun 1995.

 

Kampanye ini merupakan penyempurnaan dari kampanye gizi “4 sehat 5 sempurna”. Karena tak lagi dianggap cocok, maka lahirlah PUGS atau sering disingkat sebagai gizi seimbang. Seimbang berarti jumlah nutrisi yang dikonsumsi cukup dalam sekali makan (tidak kurang, tidak lebih), sedangkan lengkap berarti makanan mengandung nutrisi makro (karbohidrat, protein, dan lemak) dan mikro (vitamin dan mineral).

 

Ahli Gizi sepakat bahwa yang paling sehat dan aman adalah diet lengkap bergizi seimbang seperti “Isi Piringku”.

 

Nah, bagi kamu yang tidak mengonsumsi daging hewan atau menjalani diet vegan, menurut Rachel kamu tetap bisa menjalani diet seimbang “Isi Piringku” yang disesuaikan dengan menu vegan. 

 

Ini “Isi Piringku” versi Vegan

 

Isi Piringku, Panduan Makanan Diet yang Enak dan Murah - Semua Halaman -  National Geographic

 

Dinamakan The Power Plate, Isi Piringku Vegan berisi ¼ piring protein nabati, ¼ pising isi sayuran, ¼ piring isi buah, dan ¼ piring isi karbohidrat komplex. 

 

Yang membedakannya dengan “Isi Piringku” versi Kemenkes adalah protein hewani yang diganti dengan protein nabati; seperti tempe, tahu, kacang merah, kacang putih, kacang kedelai, kacang tanah, kacang mede, dan segala jenis kacang-kacangan lainnya. 

 

Sumber protein nabati tersebut juga kaya akan zat besi yang diperlukan oleh para vegan. Zat besi dalam protein nabati dapat diserap lebih optimal apabila dikonsumsi bersamaan dengan makanan yangkaya vitamin C. Jadi saran Rachel, jika kamu makan tempe misalnya, jangan lupa untuk makan makanan yg tinggi vitamin C juga, seperti tomat, lemon, brokoli, atau paprika. 

 

What is a Whole Food Plant-Based Diet (WFPB)? | EatPlant-Based

 

Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine, American Dietetic Association (ADA) yang merupakan organisasi ahli nutrisi terbesar di Amerika Serikat menyatakan bahwa diet vegetarian, termasuk diet total vegetarian atau vegan, sehat, bernurasi memadai, dan dapat memberikan manfaat kesehatan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit tertentu. Diet vegetarian yang direncanakan dengan baik sesuai untuk individu selama semua tahap siklus hidup, termasuk kehamilan, laktasi, bayi, masa kanak-kanak, dan remaja, dan untuk atlet.

 

Agar selalu sehat dan kebutuhan vitamin harian kamu tercukupi, jangan lupa rutin konsumsi YOUVIT Gummy Multivitamin. YOUVIT adalah multivitamin yang dibuat dari gummy yang membuatnya jadi mudah untuk dikonsumsi, karena tinggal dikunyah dan tidak butuh air untuk menelannya. Hadir dengan rasa mix berry yang enak dalam kemasan satuan, membuatnya jadi praktis, higienis, mudah untuk dibawa ke mana saja, dan pastinya nggak malu-maluin karena packagingnya yang menarik dan eksklusif. Kandungan vitaminnya lengkap banget! Ada 10 vitamin dan 2 mineral dan pastinya aman untuk lambung karena tidak membuat asam lambung naik.

 

Yuk, konsumsi #1gummysetiaphari biar kamu selalu sehat!