Article Detail

Tiru 5 Inspirasi Menu Sahur Sehat Ini!

Bulan Suci Ramadhan telah tiba. Agar lancar berpuasa tanpa halangan, asupan nutrisi saat sahur harus benar-benar diperhatikan. Tentunya ketika mempersiapkan tubuh untuk dapat menghadapi hari yang panjang saat berpuasa, mengonsumsi makanan yang dimasak secara instan saja tidak cukup memenuhi kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sampai waktu berbuka nanti.   

Lalu, apa saja yang harus dikonsumsi saat sahur agar puasa tetap sehat dan tidak mudah merasa lapar? Berikut 5 inspirasi menu sahur sehat yang bisa kamu tiru:

 

1. Granola Bowl

 

Keto Yogurt Granola Parfait Bowl - Gluten Free, Dairy Free

 

Saat sahur, sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat, seperti granola atau jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya untuk menjaga agar gula darah tetap stabil agar perut terasa kenyang lebih lama dan menyimpan energi lebih lama saat berpuasa. Tambahkan juga topping buah-buahan favorit, seperti pir, apel, berries, anggur, jambu biji, dan jeruk karena memiliki kadar gula yang rendah, namun berserat tinggi dan tinggi vitamin, mineral, serta antioksidan.

Intip resepnya di sini.

 

2. Baked Eggs in Avocado

 

Paleo Baked Eggs in Avocado Recipe - Allrecipes.com

 

Tak hanya sederhana dan mudah dibuat, menu ini juga kaya dengan nutrisi. Alpukat adalah pilihan yang tepat untuk sahur karena kaya akan lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung, otak, dan pembuluh darah. Alpukat juga membantu menurunkan kolesterol, sehingga dapat menstabilkan tekanan darah dan pembakaran lemak jahat.

Intip resepnya di sini.

 

3. Lemon Brown Rice with Garlic and Thyme

 

Lemon Brown Rice with Garlic and Thyme Recipe - Emily Farris ...

 

Belum merasa kenyang kalau belum makan nasi? Meski sebaiknya tidak mengonsumsi nasi putih saat sahur, kamu bisa menggantinya dengan pilihan sehat lainnya yang juga mengandung karbohidrat, seperti nasi merah, ubi, singkong, atau oatmeal. Pilihan pengganti nasi putih tersebut lebih baik karena berserat tinggi dan karbohidrat yang diserap oleh tubuh tidak menyebabkan gula darah naik, sehingga dapat membantu menyimpan energi lebih lama.

Intip resepnya di sini.

 

4. Homemade Chicken Soup

 

Homemade Chicken Soup Recipe | Serious Eats

 

Untuk lauk, sebaiknya memilih metode rebus, misalnya aneka ragam sup dengan protein rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan. Hindari lauk yang digoreng atau mengandung lemak jenuh karena dapat mengakibatkan produksi asam lambung yang berlebih dan susah dicerna oleh lambung.

Intip resepnya di sini.

 

5. Fresh Garden Salad

 

BEST Broccoli Salad Recipe | Downshiftology

 

Konsumsi sayuran yang dikukus atau rebus, seperti brokoli, wortel, bayam, buncis, labu, tomat karena cara memasak bahan makanan seperti ini dapat mempertahankan zat gizi hingga 80%. Brokoli, misalnya, hanya kehilangan 11% kandungan antioksidan ketika dikukus, menurut Journal of Science if Food and Agriculture. Semakin sedikit pemrosesan, maka akan semakin baik karena tidak menurunkan kualitas nutrisinya.

 

Intip resepnya di sini.

 

Nah, menunya cukup sederhana untuk dibuat sehari-hari kan? Sahur sehat, puasa kuat! Selamat berpuasa semuanya dan jangan lupa juga untuk mengonsumsi multivitamin saat sahur yang akan membantu menyeimbangkan kandungan nutrisimu setiap hari, terutama saat berpuasa.