Belum divaksin? Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Vaksinasi

Belum divaksin? Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Vaksinasi

femina_fakta_vaksin_bagi_penyintas_covid-19_img

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat adanya 681 kasus mutasi virus COVID-19 yang digolongkan sebagai 'Variant of Concern (VoC)' di Indonesia per 11 Juli 2021. Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah memperingatkan seluruh dunia mengenai adanya kemungkinan varian virus COVID-19 baru yang lebih berbahaya karena tingkat penularan yang tinggi.

 

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Indonesia telah melakukan usaha percepatan vaksinasi dengan target vaksinasi sebanyak 5 juta orang per harinya. Hingga 17 Juli 2021, jumlah masyarakat yang sudah divaksinasi dosis kedua mencapai 16.217.855 orang atau 7,79 persen. Sedangkan jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama, seperti yang dilansir melalui laman www.kemkes.go.id mencapai 41.268.627 orang atau 19,82 persen. 

 

Dengan semakin banyaknya program vaksinasi, tentu hal ini menjadi berita baik bagi kamu yang belum mendapatkan giliran vaksinasi COVID-19 untuk segera mendapatkannya. Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan dipersiapkan sebelum kamu menjalani vaksinasi COVID-19. Berikut 5 hal yang wajib dilakukan sebelum vaksinasi:

 

1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bisa mengakibatkan daya tahan tubuh yang menurun. Hindari minum minuman beralkohol setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi hingga sekitar 2 minggu setelahnya. Hal ini penting dilakukan agar sistem imun kamu tetap kuat dan dapat menghasilkan reaksi kekebalan tubuh yang baik untuk pencegahan infeksi virus COVID-19.

 

2. Sarapan sebelum vaksinasi

Hindari pergi ke pusat vaksinasi dengan perut kosong. Kamu tidak perlu juga melakukan puasa malam sebelum vaksin, sebab hal ini bisa mengakibatkan tubuh lemah, pusing, dan memperbesar risiko pingsan jika kamu mengalami reaksi setelah vaksin. Sebelum datang ke pusat vaksinasi, pastikan kamu sudah mengisi perutmu dengan makanan ringan yang bernutrisi, seperti buah-buahan, yogurt, telur rebus, .

 

3. Hindari olahraga berlebihan

Rutin berolahraga memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, disarankan untuk tidak melakukan aktivitas berat atau olahraga secara berlebihan, karena hal ini justru bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Olahraga yang sehat dan aman setidaknya dilakukan selama 20–30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali per minggu.

 

4. Cukupi kebutuhan nutrisi

Agar daya tahan tubuh tetap terjaga, sebaiknya kamu mencukupi berbagai kebutuhan tubuh akan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral, selama 1 minggu sebelum dan setelah mendapatkan vaksin. Selain melalui konsumsi makanan yang bergizi, perkuat sistem imun dengan mengonsumsi suplemen tambahan, seperti YOUVIT Multivitamin gummy. Dengan demikian, tubuh dapat menciptakan reaksi kekebalan yang baik terhadap virus COVID-19.

 

5. Tidur yang cukup

Sebelum vaksin, pastikan kamu menghindari bergadang. Tidur malam yang cukup selama 7-9 jam sebelum vaksinasi sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Tidur malam yang tidak berkualitas bahkan dapat mengurangi fungsi kekebalan tubuhmu hingga sebanyak 70 persen, lho!