4 Fakta Penting Tentang Vitamin Langsung dari Ahli Nutrisi

4 Fakta Penting Tentang Vitamin Langsung dari Ahli Nutrisi

youvit_fakta_vitamin

Ada berbagai macam anggapan yang beredar mengenai vitamin. Misalnya lebih baik kelebihan vitamin daripada kekurangan, suplemen vitamin dengan harga mahal pasti bagus, hingga mengonsumsi vitamin bisa menjadi pengganti makanan! 

 

Padahal semua anggapan di atas hanyalah mitos.

 

Supaya tidak salah kaprah, simak 4 fakta penting tentang vitamin yang harus kamu tahu. Informasi ini bersumber langsung dari Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, lho!

 

1. Bukan hanya kekurangan vitamin, kelebihan vitamin pun berbahaya

 

Seperti halnya dengan kekurangan vitamin, kelebihan asupan vitamin pun dapat membawa masalah untuk kesehatanmu. Misalnya kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah mata, kekurangan vitamin B dapat menyebabkan beri-beri, dan masih banyak lagi.

 

Sementara itu, kelebihan vitamin larut lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K, dapat menyebabkan masalah hati, tulang menjadi lemah, kanker, dan kematian dini.

 

Vitamin larut air yang konon katanya tak memberikan masalah berarti jika dikonsumsi berlebihan pun ternyata dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Misalnya, kelebihan vitamin B6 dapat menyebabkan kerusakan saraf, kelebihan vitamin B3 menyebabkan masalah hati, kelebihan vitamin C dapat menyebabkan batu ginjal dan diare, sedangkan vitamin D menyebabkan kerusakan ginjal.



Itu sebabnya, kamu sebaiknya mengonsumsi vitamin yang sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi dalam satu hari, seperti YOUVIT gummy multivitamin.

 

2. Suplemen vitamin dengan harga mahal tidak jaminan bagus

 

Begitu banyak merek suplemen vitamin di pasaran dengan harga yang murah sampai mahal. Namun, kualitas vitamin tidak bisa ditentukan berdasarkan harganya. Suplemen vitamin yang murah pun sudah bisa mencukupi kebutuhan vitaminmu, asal mengandung kombinasi vitamin yang pas.

 

Seperti halnya YOUVIT gummy multivitamin untuk dewasa pertama di Indonesia yang dalam satu gummy-nya mengandung 10 vitamin dan 2 mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh.



Saat memilih suplemen vitamin, sebaiknya lihat juga kandungannya dan sesuaikan dengan kebiasaan makanmu. Suplemen juga biasanya ditujukan untuk konsumsi berbagai kelompok berbeda, seperti untuk kelompok pria, wanita, ibu hamil, anak-anak, dan lansia.

 

Nah, saat ini sudah ada 3 produk YOUVIT untuk dewasa yang bisa dikonsumsi untuk yang berusia 16 tahun ke atas, YOUVIT for Kids untuk anak-anak berusia 3 tahun ke atas, dan YOUVIT Beauti+ untuk wanita dewasa berusia 16 tahun ke atas.

3. Suplemen vitamin tidak dapat menggantikan makanan

 

Tahukah kamu bahwa suplemen vitamin tidak dapat menjadi pengganti nutrisi dari sayuran dan buah? Pola makan yang sehat lebih dari sekadar asupan harian vitamin yang direkomendasikan, lho!

 

Faktanya, kalau kita makan buah-buahan dan sayur-sayuran segar, selain mendapatkan vitamin, tubuh juga akan mendapatkan serat, mineral, dan protein dari biji-bijian. Kita tetap memerlukan nutrisi yang lengkap, baik karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin dan mineral untuk tetap sehat.

 

Jadi, suplemen apapun tidak bisa menggantikan nutrisi baik yang ada pada pola makan sehat. Ingat, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 5 porsi per hari guna mencukupi kebutuhan nutrisi!

 

4. Tubuh kita memerlukan tambahan vitamin dari suplemen vitamin

 

Apabila kamu tidak bisa memenuhi rekomendasi buah dan sayur sebanyak 5 porsi setiap harinya, atau kamu menjalani diet yang menghindari bahan makanan tertentu, atau banyak mengonsumsi makanan olahan, maka kamu memerlukan tambahan suplementasi vitamin.

 

Kecuali vitamin D dan K, vitamin lainnya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga tubuh kita memerlukan asupan dari luar yaitu dari makanan yang kita makan sehari-hari.

 

Penting untuk mengonsumsi bahan makanan segar dengan jenis yang bervariasi setiap harinya karena tidak ada bahan makanan tertentu yang mengandung semua kandungan gizi yang lengkap. 

 

Nah, kalau makanan sehari-hari yang kita makan belum mengandung dosis vitamin yang dibutuhkan setiap harinya, kebutuhan gizi ini harus kita penuhi dengan suplemen vitamin.