4 Fakta Suplemen Kolagen sebagai Bagian dari Rutinitas Kecantikan

4 Fakta Suplemen Kolagen sebagai Bagian dari Rutinitas Kecantikan

youvit_fakta_suplemen_kolagen_sebagai_rutinitas_kecantikan

Saat membicarakan mengenai rutinitas kecantikan dan skincare, suplemen kolagen pastinya sudah tak asing lagi. Popularitas kolagen yang disebut-sebut sebagai protein penting yang dapat mengurangi garis-garis halus dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih muda ini menjadikannya salah satu kandungan skincare terfavorit.

 

Tak hanya bermanfaat bagi kecantikan saja, menurut National Library of Medicine, suplemen kolagen juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari meredakan nyeri sendi hingga meningkatkan kesehatan kulit.

 

Lalu apa saja fakta mengenai suplemen kolagen yang kini tak lepas sebagai bagian dari rutinitas kecantikan? Berikut empat (4) fakta suplemen kolagen dari Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD yang harus kamu tahu!

 

1. Konsumsi suplemen kolagen sebaiknya dimulai sejak dini

 

youvitforlife YOUVIT Instagram profile, stories, tagged posts and followers  view anonymously

 

 

Sebaiknya sudah menginvestasikan kulit sehat sejak dini. Diketahui dari beberapa penelitian bahwa usia awal hingga akhir 20-an merupakan masa emas untuk merawat kulit agar ketika sudah semakin bertambah usia maka garis halus dan kerutan dapat lebih dicegah.

 

2. Jumlah kadar kolagen yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari

 

Mitos atau Fakta, Kolagen Bermanfaat untuk Elastisitas Kulit dan Sendi?  Halaman all - Kompas.com

 

Beberapa penelitian menyarankan jumlah yang bervariasi dalam konsumsi kolagen. Namun terdapat satu penelitian yang menyatakan bahwa kolagen dikonsumsi sesuai dengan hasil yang diharapkan, yaitu seperti berikut ini:

  • Konsumsi 1.000 mg/hari  untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.
  • Konsumsi 2.500 mg/hari  untuk meningkatkan kekuatan persendian.
  • Konsumsi 5.000 – 10.000 mg/hari  untuk meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.




3. Tanda-tanda kekurangan kolagen

 

14 Gejala Kekurangan Vitamin C pada Tubuh (Mudah Dikenali)

 

Munculnya kerutan, kulit kendur yang sudah kehilangan elastisitasnya, dan persendian yang kaku merupakan tanda-tanda bahwa tubuh memproduksi kolagen yang lebih sedikit. Ketika kadar kolagen tinggi, kulit akan menjadi lebih lembut, halus, dan kencang, serta persendian akan berada dalam kondisi yang kuat.

 

4. Apakah berbahaya jika mengonsumsi kolagen berlebihan?

Kolagen umumnya dianggap sebagai suplemen harian yang aman dan tidak beracun bagi individu yang sehat, dan kebanyakan orang tidak akan mengalami efek samping yang merugikan. Tetapi, pada beberapa orang yang memiliki sensitivitas yang tinggi, telah melaporkan gejala ketika kelebihan mengonsumsi suplemen kolagen, seperti rasa tidak enak, merasa terlalu kenyang, atau keluhan perut lainnya. Disarankan untuk tetap berhati-hati dan mengonsumsi suplemen sesuai dengan anjuran konsumsinya.

 

Erha YOUVIT x ERHA COLLAGEN - Anti Aging Gummies - 14 Gummies - Review SOCO  by Sociolla

 

Kini ada YOUVIT x ERHA Collagen Gummy yang merupakan perpaduan suplemen kolagen dan vitamin C dalam format gummy (jelly kunyah) kualitas premium. YOUVIT x ERHA Collagen Gummy mengandung 1000 mg kolagen dan 45 mg vitamin C yang akan menutrisi kulit dari dalam, mengurangi garis-garis halus, dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tampak lebih muda dengan hanya mengonsumsi dua gummy setiap hari. Dilengkapi rasa stroberi yang enak dan gummy berbentuk mawar yang cantik akan membuat konsumsi suplemen kolagen menjadi pengalaman yang baru, menyenangkan, dan tak terlupakan!