Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin C: Benarkah Bisa Meningkatkan Imun Tubuh?

Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin C: Benarkah Bisa Meningkatkan Imun Tubuh?

youvit_daftar_makanan_yang_mengandung_vitamin_c

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu vitamin larut air yang populer. Buktinya, begitu banyak suplemen atau minuman yang mengandung vitamin C untuk dikonsumsi sehari-hari. Hal ini dikarenakan fungsinya yang begitu penting bagi tubuh. 

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, Rachel Olsen B.Sc., vitamin C mempunyai peran untuk meningkat sistem antioksidan dalam lapisan luar kulit untuk bekerja sebagai "the wall" atau benteng perlindungan tubuh. Fungsinya tentu saja untuk menghentikan virus atau bakteri dan patogen untuk masuk ke dalam tubuh. Sebagai antioksidan, vitamin C melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat membantu mencegah atau menunda kanker dan penyakit jantung tertentu, serta memperlambat proses penuaan. 

 

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Vitamin C membantu menyembuhkan luka dan memperbaiki serta menjaga kesehatan tulang, gigi, kulit, dan tulang rawan —sejenis jaringan keras yang menutupi tulang. Karenanya, vitamin C sangat baik bagi penderita osteoartritis karena mengurangi risiko kehilangan tulang rawan. 

 

Tak heran, vitamin C dikenal sebagai vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun Rachel menekankan bahwa bukan hanya vitamin C saja yang baik bagi imunitas tubuh melainkan juga vitamin-vitamin lainnya, seperti vitamin A, D, E, K, dan B kompleks, serta berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa vitamin C dosis tinggi dapat mengurangi lamanya gejala pilek sebanyak satu hingga satu setengah hari untuk beberapa orang. Namun, penelitian lain ternyata menemukan kalau risiko efek samping mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi juga tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi vitamin C sesuai dengan jumlah yang dianjurkan pada tabel Angka Kecukupan Gizi, yaitu 65-90 mg per hari.

 

Nah, karena tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri vitamin C, itu sebabnya kita harus mengonsumsi daftar makanan yang mengandung vitamin C setiap hari.

 

Dengan begitu banyaknya manfaat vitamin C dalam tubuh, pasti kamu bertanya-tanya, buah-buahan dan sayuran apa saja yang memberikan tubuh vitamin C secara maksimal?

 

Berikut daftar makanan yang mengandung vitamin C bagi tubuh kita:

 

1. Jambu Biji

Ternyata, jambu biji mengandung vitamin C empat kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk, lho!

 

2. Kiwi

Kiwi adalah sumber vitamin C yang baik untuk jantung dan otot karena mengandung magnesium dan potasium. Selain itu, kiwi juga mengandung folat dan seng, jadi buah ini sangat baik bagi mereka yang mengalami anemia.

 

3. Pepaya


Buah pepaya kaya vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah risiko kanker. Pepaya juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena mengandung banyak enzim pencernaan.

 

4. Stroberi

 

Stroberi dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan mencegah risiko kanker. Stroberi juga membantu dalam membakar lemak tubuh karena mengandung anthocyanin.

 

5. Jeruk

Satu buah jeruk mengandung sekitar 70 mg vitamin C yang merupakan 78 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

 

6. Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk mendetoks tubuh dari racun-racun yang masuk sekaligus untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

7. Brokoli

 

Brokoli merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh dan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

 

8. Cabai Merah

 

Kamu yang doyan makan pedas tidak perlu khawatir karena cabai merah ternyata sangat kaya akan vitamin C. Cabai juga mengandung zat yang dikenal sebagai capsaicin, yang dapat mengurangi nyeri sendi.

 

Kamu dapat menikmati sumber vitamin C ini mentah atau dimasak, namun penting untuk diingat bahwa buah dan sayuran akan kehilangan vitamin C saat dipanaskan atau disimpan dalam waktu lama. Untuk mendapatkan nutrisi yang paling banyak, makanlah sesegera mungkin setelah kamu berbelanja dan pertimbangkan untuk mengukus atau memanaskan sayuran dalam waktu singkat untuk membatasi hilangnya nutrisi.

 

Untuk kamu yang vegetarian, vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi non-heme dengan lebih baik —jenis dari makanan nabati seperti kacang-kacangan, bayam, dan quinoa. Untuk mendapatkan manfaat ini, gabungkan makanan kaya vitamin C dengan makanan nabati kaya zat besi dalam makanan yang sama. Misalnya, kombinasikan kacang hitam dan salsa atau buat salad bayam dengan stroberi dan jeruk mandarin.

 

Selamat mencoba!