Mau Buka Puasa Sehat? Coba 4 Menu Ini!

Mau Buka Puasa Sehat? Coba 4 Menu Ini!

youvit_menu_buka_puasa_sehat

Setelah berpuasa seharian, kamu pastinya membutuhkan nutrisi yang seimbang ketika berbuka puasa. Mengonsumsi makanan yang sehat pada saat berbuka dapat kamu lakukan untuk memulai hidup sehat, lho!

 

Nah, supaya tetap kuat berpuasa sampai hari terakhir, Nutrition Expert YOUVIT Rachel Olsen berbagi menu buka puasa sehat yang bisa menjadi pilihanmu.

 

1. Saat berbuka, sebaiknya langsung minum air putih dulu

 

Cegah Dehidrasi saat Berpuasa Ramadhan, Ikuti Tips Minum yang ...

 

Setelah berpuasa seharian, biasakan untuk minum segelas air putih bersuhu ruang terlebih dulu untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa. Minum air putih minimal 8 gelas sepanjang waktu berbuka hingga sahur.

 

Hindari minum teh atau kopi, karena keduanya mengandung kafein yang memiliki sifat diuretik sehingga meningkatkan kebutuhan untuk buang air kecil. Hal tersebut yang akhirnya mengakibatkan tubuhmu mengalami dehidrasi. Menurut Rachel, meski kamu mengonsumsi teh dan kopi di saat berbuka, tubuh akan tetap mengalami dehidrasi hingga keesokan harinya saat berpuasa.

 

Menu buka puasa sehat dari Rachel: jika ingin minum sesuatu yang manis setelah berbuka dengan air putih, pilihlah air kelapa atau jus sebagai alternatif.

 

2. Konsumsi buah kurma untuk kembalikan gula darah

 

Kamu Perlu Tahu! Ini Efek Samping Buah Kurma Jika Dikonsumsi ...

 

Setelah minum, sebaiknya biasakan diri untuk berbuka dengan beberapa buah kurma. Buah kurma tinggi serat sehingga sangat baik bagi pencernaan, memiliki kandungan gula yang dapat langsung diserap tubuh, serta tinggi potasium yang dapat membantu keseimbangan kadar air dalam tubuh.

 

Menu buka puasa sehat dari Rachel: selain kurma, kamu juga bisa coba berbuka dengan bubur kacang hijau atau ubi rebus. Bahan-bahan makanan lainnya seperti sayuran hijau, pisang, jeruk, buah-buahan kering seperti kismis, aprikot, dan prune juga kaya akan potasium.

 

3. Perhatikan asupan kaya protein yang rendah lemak

 

7 Santapan dengan Protein Terbaik untuk Turunkan Berat Badan ...

 

Tubuh kita membutuhkan protein untuk menjaga otot tetap kuat. Oleh karena itu, makan makanan kaya protein yang rendah lemak. Mengapa sebaiknya rendah lemak? Menurut Rachel, makanan berlemak tinggi (seperti keju dan santan) dan juga makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan refluks asam lambung. Karena tubuh sedang berpuasa, asam di dalam lambung jadi jauh lebih sensitif. Selain itu, hindari juga makan dalam porsi yang banyak sekaligus atau makan di restoran dengan menu ‘all you can eat’ karena juga dapat menyebabkan sakit maag dan gangguan pencernaan

 

Menu buka puasa sehat  dari Rachel: ayam bakar, sate, ikan bakar, sup ikan, dan sup daging.

 

4. Pilih buah-buahan yang kaya serat, vitamin, dan mineral sebagai makanan penutup

 

Ini Dessert Paling Pas Selepas Makan Malam : Okezone Lifestyle

 

Daripada mengonsumsi makanan penutup dengan kadar gula tinggi, seperti kue, biskuit, dan cokelat, coba deh menggantinya dengan buah-buahan yang dibuat dalam sajian menu salad buah dingin.

 

Menu buka puasa sehat dari Rachel: campur stroberi melon, nanas, pir, anggur, pisang ke dalam satu mangkuk dan tambahkan yogurt tawar dengan perasan jus lemon.