Jangan Sampai Dehidrasi, Ini 6 Cara Mudah Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Jangan Sampai Dehidrasi, Ini 6 Cara Mudah Tetap Terhidrasi Selama Puasa

youvit_cara_mudah_tetap_terhidrasi_saat_puasa_1

Memasuki bulan puasa, salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Tentu saja kita harus waspada dengan risiko dehidrasi ringan yang mungkin saja terjadi. Mulai dari merasa haus, bibir dan kulit kering, pusing, sakit kepala, lemas, hingga urine berwarna pekat. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, Nutrition Specialist YOUVIT, Rachel Olsen berbagi 6 tips agar kita bisa tetap segar dan terhidrasi selama berpuasa.

 

1. Hindari makanan yang terlalu asin dan pedas

Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Perut Kosong • Hello Sehat

 

Hal ini disebabkan karena makanan ini merangsang rasa haus yang menyebabkan kita merasa lebih haus. Mengonsumsi makanan rendah garam juga akan membantu tulang kita lebih kuat dan sehat serta akan mengurangi risiko osteoporosis.

 

2. Hindari konsumsi kafein dan minuman bersoda

16 Bahaya Minuman Bersoda bagi Kesehatan Tubuh

 

Selama bulan puasa sebaiknya hindari dulu kafein, yang terdapat dalam kopi, teh, dan bahkan cokelat! Mengapa? Kafein merupakan zat diuretik yang menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak urin. Begitu pula dengan minuman bersoda. Itu sebabnya, jika kamu ingin mengonsumsi kafein dan minuman bersoda ada baiknya untuk membatasi jumlahnya dan mengonsumsinya setelah buka puasa, bukan di saat sahur.

 

3. Minum delapan gelas air per hari

Minum Air Putih 6-8 Gelas Sehari Omong Kosong? ~ SUKA - SUKA BLOG

 

Sudah tahu kan, kalau tubuh kita terdiri dari 70% air? Itu sebabnya, usahakan untuk meminum air setidaknya 8 gelas per hari! Coba deh untuk minum segelas air sesaat setelah jam buka puasa dan lanjutkan untuk minum sisanya sampai jam sahur. Cara ini dapat membantumu menjaga hidrasi tubuh yang sebelumnya hilang di siang hari.  Selain menghidrasi, air mineral sangat penting untuk mengembalikan keseluruhan fungsi tubuh, termasuk melarutkan zat mineral dan berbagai nutrisi dari makanan lain sehingga dapat diserap organ tubuh.

 

4. Konsumsi makanan yang mengandung potasium

The importance of potassium - Harvard Health

 

Hal ini dikarenakan mengonsumsi potasium dalam jumlah besar dapat membantu meningkatkan kadar air dalam tubuh sehingga membantu kita untuk tetap terhidrasi dan berenergi. Berikut beberapa bahan makanan yang mengandung potasium: kurma, ubi, kacang, pisang, dan buah-buahan kering

 

5. Konsumsi sup

Gaya Hidup | Konsumsi Sup Sayur Bening, Cara Lezat dan Mudah ...

 

Sup merupakan cairan yang mengandung makanan yang dapat menambahkan air ke tubuh, yang pastinya sangat kita butuhkan di bulan puasa ini. Kamu bisa membuat sup yang sehat dengan menggunakan bahan-bahan seperti wortel, buncis, ayam, seledri, dan kentang. Tambahkan sedikit beras merah untuk asupan serat dan energi.

 

6. Konsumsi makanan kaya mineral

10 Makanan yang Secara Alami Kaya Enzim Pencernaan, Lancarkan ...

 

Cara ini memang cliché, tapi nyatanya sangat ampuh untuk menjaga dan mengembalikan cairan dalam tubuhmu, lho! Makanan seperti timun, paprika, tomat, bayam, serta buah-buahan membantu menjagamu tetap terhidrasi. Kamu bisa mengolah bahan-bahan itu menjadi salad untuk berbuka, atau smoothies untuk sahur. Pilihan makanan ini jauh lebih baik daripada roti, keju, atau olahan digoreng.