Jaga Tekanan Darah Normal? Ini Caranya menurut Ahli Gizi!

Jaga Tekanan Darah Normal? Ini Caranya menurut Ahli Gizi!

youvit_cara_menjaga_tekanan_darah_normal

Memiliki tekanan darah normal tentunya jadi dambaan semua orang. Tak ada yang mau didiagnosis memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi. Meski penyakit ini tidak menular, menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, RD, penyakit ini cukup berbahaya karena merupakan silent killer.

 

Apalagi data Kementerian Kesehatan (2016) menyebutkan bahwa setidaknya terdapat 63 juta kasus darah tinggi, yang menimbulkan kematian sebanyak 427 ribu.

 

Lalu, bagaimana caranya menjaga tekanan darah kita tetap normal?

 

Agar Jantung Tetap Sehat, Berikut 7 Langkah Menjaga Tekanan Darah

 

Berikut cara menjaga tekanan darah normal menurut Nutritionist YOUVIT:

 

1. Menjaga pola makan sehat dan teratur

Makanan merupakan faktor risiko utama untuk meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh. Konsumsi makanan yang tinggi lemak dan mengandung tinggi natrium (seperti makanan dan minuman dalam kemasan), serta rendahnya minat konsumsi serat (dari sayuran dan buah-buahan), serta rendahnya konsumsi air mineral dapat memicu peningkatan tekanan darah secara signifikan. Jika hal ini terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan keparahan kondisi yang mengarah ke, salah satunya yaitu, penyakit jantung.

 

Oleh karena itu, Aisya menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan rendah lemak, seperti mentimun, sayuran hijau, buah berry, pisang, dan yogurt.

 

2. Berolahraga yang cukup setiap hari

Olahraga tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar, tetapi juga bisa menurunkan tekanan darah kerena membuat pembuluh-pembuluh darah menjadi rileks. Lama-kelamaan, latihan berolahraga dapat melemaskan pembuluh-pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

 

3. Memeriksa tekanan darah secara teratur

Tidak hanya untuk seorang yang memang sudah mengidap hipertensi saja yang harus mengevaluasi tekanan darahnya secara rutin, lho!Bagi seorang yang sehatpun dianjurkan untuk melakukan hal demikian dikarenakan saat ini kita berada di lingkungan yang dimana makanannya tidak menentu dan rata-rata sulit untuk menemukan makanan yang sehat. Selain itu, aktivitas fisik yang cenderung pasif juga menyebabkan peningkatan tekanan darah terbilang mudah terjadi.

 

4. Memaksimalkan asupan Omega-3

Asupan omega-3 dapat menurunkan tekanan darah melalui efeknya sebagai vasodilator dan mencegah terjadinya agresi platelet. Omega-3 bisa didapatkan dari makanan seperti jenis ikan-ikanan (sarden, ikan makarel, salmon, ikan hering, serta ikan teri) dan biji-bijian (biji rami dan biji chia).

 

Kini ada YOUVIT Omega-3 untuk dewasa dalam bentuk gummy yang praktis yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan jantung. Konsumsi sebanyak 1 gummy per hari setelah makan, bersamaan dengan YOUVIT Multivitamin untuk memaksimalkan imunitas tubuh dan meningkatkan fungsi kerja omega-3. Dengan rasa jeruk yang enak dan dalam bentuk gummy membuat konsumsi suplemen omega-3 menjadi pengalaman yang baru, menyenangkan, dan tak terlupakan.

Tingkatkan kesehatan otak dan jantungmu untuk hidup yang lebih aktif dengan YOUVIT Omega-3 Dewasa dan #DengarkanKataJantungmu!