Muncul Jerawat karena Masker: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Muncul Jerawat karena Masker: Bagaimana Cara Mengatasinya?

youvit_jerawat_karena_masker

Rutin mengenakan masker penutup hidung dan mulut di masa new normal bikin jerawat bermunculan? Kamu nggak sendiri! Banyak yang juga mengalami kemunculan jerawat karena masker.

 

Sebenarnya, apa yang terjadi pada kulit ketika tertutup masker selama seharian?

 

Kenapa Pakai Masker Seharian Bikin Jerawat Muncul?

 

Menurut Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin Puteri Aisyaffa S. Gz, pada dasarnya, kulit yang tertutup rapat akan kekurangan sirkulasi udara. Selain itu, saat menggunakan masker terlalu lama, wajah akan berkeringat.

 

Kondisi berkeringat bersamaan dengan panas, dan adanya gesekan kulit dengan masker, dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori.

 

Keringat yang menetap di kulit dalam waktu yang lama juga memungkinkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, karena permukaan/lingkungan yang lembab mendukung pertumbuhan bakteri. Kondisi ini disebut juga dengan “maskne” (masker & acne), yaitu kondisi di mana jerawat muncul akibat penggunaan masker yang terlalu lama.

 

Tips dan trik untuk mengurangi risiko muncul jerawat karena masker

 

Jangan sampai tidak pakai masker hanya karena takut muncul jerawat. Masker wajah penting digunakan terutama di tempat umum untuk menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang-orang di sekitar.

 

Nah, supaya tak perlu khawatir wajah ditumbuhi jerawat karena masker, lakukan langkah-langkah di bawah ini:


1. Pilih bahan masker yang tepat

 

Mencuci Masker Ternyata Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara yang ...

 

Masker yang baik bagi kesehatan kulit adalah yang terbuat dari bahan 100% katun karena bahan tersebut memungkinkan kulit untuk tetap bernapas melalui pori-pori kainnya.

2. Cuci masker setelah digunakan

 

Cegah Corona, Ini Tips Cuci Masker Kain yang Tepat

 

Selain untuk membasmi kemungkinan virus yang menempel pada masker, mencuci masker juga berarti menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel pada bagian dalam masker.

 

Hal ini berfungsi agar ketika masker akan digunakan kembali, sudah dalam kondisi bersih dan tidak mendorong pertumbuhan bakteri.

3. Rawat kulit dengan baik

 

Sedang Isolasi Mandiri karena Virus Corona? Yuk, Lakukan Perawatan ...

 

Mencuci muka secara rajin sebanyak dua kali dalam sehari dan menggunakan pelembab wajah oil-free dapat membantu menurunkan risiko munculnya jerawat.

 

4. Biarkan kulit bernapas

 

Gaya Hidup | Make Up Bold vs Flawless, Mana yang Lebih Banyak ...

 

Jika sedang berada di rumah dan tidak menggunakan masker, sebaiknya biarkan kulit untuk bernapas. Minimalisir penggunaan make-up agar pori-pori tidak tertutup, yang mana dapat mengakibatkan munculnya jerawat.

 

5. Hindari menyentuh wajah

 

COVID-19 Menyebar, Setop Sentuh Wajah!

 

Wajah akan sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri dan virus karena permukaan tangan merupakan tempat yang paling mudah dan sering terpapar bakteri jahat dan virus.

 

Konsumsi Makanan yang Tepat Bisa Bantu Mencegah Jerawat

 

4 Tips Pola Makan Sehat untuk Orang yang Banyak Aktivitas

 

Berikut daftar makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari untuk mencegah jerawat.

 

Makanan yang perlu dikonsumsi:

 

Sayuran dan buah-buahan: kedua jenis bahan makanan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan sel, terutama sel kulit.

 

Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E dikenal sebagai antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh, yang dapat menyebabkan munculnya masalah kulit, salah satunya seperti jerawat.

 

Makanan yang perlu dihindari:

 

  • Makanan yang berlemak tinggi: seperti makanan yang digoreng, bahan makanan yang mengandung lemak tinggi (seperti: daging merah, jeroan, dsb)
  • Makanan yang mengandung gula tambahan tinggi: seperti makanan/minuman yang ditambahkan pemanis terlalu banyak

 

Suplemen gizi tambahan:

 

Dikarenakan proses pemasakan pada makanan, maka dapat dipastikan berkurangnya zat gizi pada bahan makanan tersebut.

 

Untuk memenuhi kandungan zat gizi harian yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan, maka asupan suplemen seperti YOUVIT gummy multivitamin dan YOUVIT Beauti+ untuk kecantikan kulit, rambut, dan kuku dibutuhkan untuk melengkapi kecukupan AKG.