5 Cara untuk Mengasah Otak Anak di Rumah

5 Cara untuk Mengasah Otak Anak di Rumah

youvit_kids_play

Pandemi COVID-19 telah memaksa kita semua untuk beradaptasi dan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. Namun Mama jangan khawatir, meski tidak bisa bereksplorasi di luar rumah, anak tetap bisa mengasah otak dan melatih kemampuan berpikirnya lewat berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di rumah dan juga menjaga asupan nutrisinya.

 

Apalagi, usia lima tahun pertama dalam kehidupan anak merupakan periode emas untuk pembelajaran dan tumbuh kembangnya. IQ anak itu tidak ditentukan sejak lahir dan dapat terus diasah di periode emas ini. Berikut 5 cara untuk mengasah otak anak agar tetap aktif dan cerdas meski di rumah saja.

 

1. Bermain balok susun

Ajak si Kecil untuk bermain balok susun secara bebas untuk mengembangkan kreativitasnya. Mama bisa coba untuk melanjutkan level permainan ke yang lebih rumit seperti meniru gambar pola atau meniru bentuk. Belajar mengenai konsep bermain susun balok bisa meningkatkan kecerdasan otak anak karena mengasah kemampuannya untuk memecahkan masalah sejak dini.

 

2. Menyusun puzzle

Permainan seperti puzzle dapat membantu menstimulasi otak anak untuk berpikir dan berimajinasi. Coba latih si Kecil untuk menyelesaikan gambar pada puzzle mulai dari yang termudah hingga tingkat level yang lebih sulit. Permainan puzzle ini bisa jadi cara ampuh untuk melatih otak anak dan meningkatkan IQ-nya.

 

3. Mencocokkan gambar atau bentuk

Ajak si Kecil untuk bermain mencocokkan gambar melalui mainan berbentuk alfabet atau gambar bertema hewan. Minta si Kecil untuk menempelkan stiker hewan di tempat yang seharusnya atau memasangkan gambar lainnya dengan bentuk dan kategori yang sesuai. Permainan ini akan mengembangkan memori dan mempertajam refleks anak.

Ada yang seru dari YOUVIT nih, Moms! Si Kecil bisa mendapatkan sticker dan tattoo temporer hewan serta ikan lucu serta buku koleksi stiker seri Jungle dan Ocean Adventure. Koleksi semua stikernya dan tempelkan di buku koleksi untuk menemani kegiatan si Kecil #DiRumahAja jadi lebih menyenangkan!



Caranya?

  • Beli 1 sachet YOUVIT Multivitamin Anak, dapatkan 1 stiker & 1 tato hewan lucu
  • Beli 1 Pouch YOUVIT Multivitamin Anak, dapatkan 3 stiker dan 3 tato di setiap pouch.

4. Melakukan aktivitas fisik

Beraktivitas fisik juga penting agar imunitas dan pertumbuhan tulang si Kecil tetap terjaga. Anak pra-sekolah (di bawah <5 tahun) dianjurkan untuk beraktivitas 180 menit per hari, sedangkan anak usia di atas 5 tahun memerlukan 17-60 menit untuk olahraga ringan hingga moderat. Namun, akan susah untuk bersepeda atau berlari-larian di dalam rumah, sehingga Mama dapat menggantinya dengan aktivitas yang tidak terlalu membutuhkan banyak ruang, seperti bermain hula-hoop, menari dengan lagu favorit si Kecil, atau ajak anak melakukan pekerjaan rumah bersama.

 

5. Berikan gizi yang optimal

Anak-anak yang sedang berada pada periode emas tak hanya membutuhkan aktivitas yang memicu perkembangan otak baik secara fisik maupun mental, melainkan juga butuh gizi yang optimal untuk tumbuh kembang dan imunitas tubuhnya. Menurut Nutritionist Lead YOUVIT gummy multivitamin Rachel Olsen B.Sc., untuk gizi optimal si Kecil saat beraktivitas di rumah saja, berikan makanan yang lengkap degan sayur, lauk nabati dan hewani, sayur-sayuran, karbohidrat (nasi atau roti dll.) dan pastinya air putih.

Coba berikan piring dengan sekat yang dipenuhi dengan bahan-bahan makanan yang bervariasi dari segi jenis dan warnanya agar gizi yang dikonsumsi si Kecil bervariasi dan lengkap. Kegiatan makan pun menjadi menyenangkan karena penuh warna. 

Tingkatkan daya tahan tubuh si Kecil dari virus dengan rutin mengonsumsi YOUVIT Multivitamin untuk Anak. YOUVIT Multivitamin untuk Anak usia 3 – 12 tahun mengandung 10 vitamin dan 3 mineral penting, termasuk vitamin C, E, D3 & Zinc yang memperkuat imunitas dan membantu memaksimalkan pengaktifan sistem kekebalan tubuh anak pada masa pertumbuhan, juga vitamin A, B Complex, Selenium & Iodium untuk perlindungan lebih maksimal. Kombinasikan dengan mengonsumsi YOUVIT Omega-3 Anak untuk anak usia 3-12 tahun iyangni hadir dengan fungsi DHA, EPA dan ALA yang tepat. Perpaduan kandungannya meningkatkan kecerdasan otak dan kesehatan mata demi mendukung keingintahuan anak dalam bereksplorasi di luar serta mengasah imajinasi sehingga Mama tak lagi perlu khawatir pada perkembangan buah hati.

 

YOUVIT Multivitamin dan YOUVIT Omega-3 sangat baik dikonsumsi oleh si Kecil secara bersamaan. Hal ini dikarenakan vitamin dapat membantu meningkatkan kinerja omega-3 di dalam tubuh.